Yamaha Diam-Diam Pakai Gearbox Housing Baru pada YZR-M1

 MotoGP, Yamaha

yamaha-m1_2013_specs


Indianapolis, Mesinbalap.com – Masih ingat dengan masalah penggunaan mesin yang melanda Yamaha di MotoGP? Jika ditarik garis lurus, ada kaitannya dengan gearbox housing baru yang kabarnya diracik sedemikian rupa untuk seamless-shift gearbox M1.

Transmisi ngacir mulus semulus paha Cherrybelle :D tanpa jeda ini memang belum digunakan Yamaha tapi gearbox housing baru alias rumah girboks sudah diterapkan pada YZR-M1 sejak awal tahun ini, dugaan kuatnya kurang lebih seperti itu bro.

Secara fisik, seamless-shift gearbox memiliki desain yang lebih besar dibandingkan dengan versi standard konvensional yakni 6-speed cassette-type gearbox yang masih terpasang pada jeroan mesin M1 sampai saat ini.

Tapi ukurannya juga tergantung pada teknologi yang digunakan oleh setiap pabrikan. Cara kerjanya memungkinkan untuk memilih dua roda gigi (naik atau turun) pada waktu yang sama, dimana fisiknya akan membutuhkan space yang lebih besar daripada set-up gearbox biasa.

Nah, gearbox housing baru ini rumornya sudah diracik khusus oleh insinyur Iwata agar bisa klop dengan transmisi konvensional milik M1 dan juga seamless-shift gearbox baru. Hasilnya, 6-speed cassette-type gearbox yang sudah dipakai M1 sejak awal musim ini bisa diadaptasikan ke gearbox housing baru yang sebenarnya dirancang khusus untuk transmisi seamless.

Yamaha Paddock - MotoGP Indianapolis 2013 | Photos: © 2013 Scott Jones

Sekali 5 unit mesin M1 diturunkan dan dipatenkan segel untuk championship MotoGP musim ini, so Yamaha kemungkinan gak perlu merubah desain mesinnya jika ingin memasang SSG racikan produsen Iwata ini ke mesin M1 saat ini, tinggal nancepin. Mungkin itulah praduga sementara mengapa mesin YZR-M1 banyak errornya sejak awal musim.

Disamping masalah yang menyangkut rumah girboks, bisa saja ada masalah lainnya pada mesin M1 setelah digeber habis-habisan meladeni RC213V dalam beberapa seri awal musim ini.

Jika memang gearbox housing baru sudah didesain apik untuk SSG dan gearbox standar sejak awal tahun 2013, tentunya insinyur Iwata bisa langsung memasang transmisi seamless ini pada mesin bekas YZR-M1 tanpa harus menggunakan mesin baru mereka yang bernomor 5.

Namun, jika ternyata gak dipasang di mesin bekas sebelum akhir musim ini, wassalam mungkin Yamaha akan memasangnya ke mesin barunya dengan rancangan yang berbeda.





Leave a Reply