Video Mengerikan: Mobil ini Tersambar Petir di Australia! Tapi Kenapa Pengemudinya Selamat?

    Video Mengerikan: Mobil ini Tersambar Petir di Australia! Tapi Kenapa Pengemudinya Selamat?

    SHARE
    Mobil Berjenis SUV Tersambar Petir di Australia, Pengemudinya Dinyatakan Selamat
    Mobil Berjenis SUV Tersambar Petir di Australia, Pengemudinya Dinyatakan Selamat

    MESINBALAP.com – Sebuah peristiwa yang sangat mengerikan terjadi baru-baru ini di jalan raya di Melbourne, Australia. Mobil berjenis SUV tengah melaju dengan santainya dalam kondisi hujan tiba-tiba tersambar petir di perempatan jalan raya Melbourne.

    Insiden mencekam itu berhasil direkam kamera dasbor dari salah satu mobil yang berhenti di perempatan lampu merah tersebut. Untunglah sang pengemudi dinyatakan selamat dari peristiwa mengerikan itu, menurut laporan Dailymail.

    Pengemudi SUV itu mungkin salah satu orang yang paling beruntung di dunia. Sebab jika dilihat dari rekaman kamera dasbor, petir menyambar tepat di bagian belakang mobilnya.

    Kemudian terlihat sebuah benda meledak dan terlontar ke atas, diduga ini ban belakang mobilnya. SUV tersebut langsung berhenti di tengah jalan, karena drivernya dikabarkan lemas bukan main pasca mendapat sambaran petir itu.

    Fenomena alam yang satu ini biasanya lebih sering menyambar bangunan-bangunan tinggi seperti gedung pencakar langit maupun tiang listrik. Namun, petir juga bisa menyambar benda atau mahluk hidup yang berada di bawah termasuk mobil. Tapi dalam kasus mobil tersambar petir, pengemudinya bisa selamat lho. Nah apa penyebabnya?

    Foto petir saat menyambar mobil tersebut
    Foto petir saat menyambar mobil tersebut

    Berikut ini penjelasannya. Benda apapun yang bersifat penghantar listrik (konduktor) akan sangat mudah tersambar petir seperti logam dan air. Sementara material mobil terdiri dari bahan logam dan aluminium yang disebut-sebut sebagai penghantar listrik terbaik.

    Namun, uniknya ketika sebuah mobil tersambar petir, pengemudinya di dalamnya tidak akan ikut tersambar. Ini karena material logam mobil bersifat unik. Saat petir menyambar mobil seperti SUV diatas misalnya, maka muatan listriknya akan menyebar ke seluruh permukaan mobil dan akan berakhir di bannya.

    Ketika aliran listrik tersebut berakhir di ban mobilnya, maka sisa muatan listrik tersebut akan menyebar ke tanah. Dalam kondisi demikian, ban mobil beserta pengemudinya tidak akan mengalami apa-apa.

    Namun, jika sambaran petir ini sangat besar, maka kemungkinan besar ban mobilnya bisa meleleh atau bahkan meledak seperti kasus mobil SUV diatas. Nah berikut ini videonya:

    KOMENTAR