Ini Rahasia Kencangnya Yamaha Jupiter MX King di IRRC 2015

    Ini Rahasia Kencangnya Yamaha Jupiter MX King di IRRC 2015

    SHARE
    Ini Rahasia Kencangnya Yamaha Jupiter MX King di IRRC 2015
    Ini Rahasia Kencangnya Yamaha Jupiter MX King di IRRC 2015

    MESINBALAP.com – Yamaha Jupiter MX King 150 dinobatkan sebagai jawara baru di kelas Underbone/Sport 150cc, yang merupakan salah satu kelas utama di Kejurnas Balap Motor (KBM). Kelas ini pula yang mengadu nasib produk underbone vs sport.

    Seperti yang disebut di tulisan sebelumnya bahwa R. Fadhil dari tim Yamaha Yamalube Nissin Tunggal Jaya telah dinobatkan sebagai juara nasional sebelum seri final di sirkuit Balipat, Binuang, Kalsel di gelar (21-22/11) kemarin.

    Hasil ini membuktikan kalau mekanik-mekakik yang korek MX King sangat cepat beradaptasi. Disebut cepat beradaptasi karena tahapan risetnya berlangsung cepat dan hasilnya signifikan.

    “Alhamdulillah saya bisa juara nasional. Keunggulan MX King lebih enak saat keluar masuk tikungan karena sumbu rodanya lebih pendek dibanding motor kompetitor”, ujar R Fadhil yang asli Papua Barat itu.

    Diklaim power Jupiter MX King kini sudah menembus diatas 32 HP di rentang 11,000 – 12,000 rpm. Faktor ini pula yang membuat MX King sukses menyabet gelar juara nasional kelas 150cc.

    MX King Bikin Repot Dua Motor DOHC
    MX King Bikin Repot Dua Motor DOHC

    “Kita risetnya secara bertahap. Mulai durasi camshaft, porting, mapping pengapian dan lainnya. Basic mesin sudah mendukung, ini pun masih banyak potensi yang bisa digali”, ucap Hawadis.

    Hawadis juga sebut suspensi Traxxion dan kampas rem Vesrah diaplikasikan di MX King-nya, serta pengaplikasian throttle-body UMA Racing 32mm dengan ECU API Tech. “Powernya masih dibatasi dengan limiter di angka 14,000 rpm. Durasi masih 260 derajat, termasuk lift klep yang juga di kisaran 8mm”, tambah Hawadis.

    Tim Yamahaha TJM Juara Nasional 150
    Tim Yamahaha TJM Juara Nasional 150

    Tahapan riset MX King juga terbukti konsisten tahun ini. Sandy Agung, tuner Yamaha Yamalube KYT SND FDR sedang mengujicoba durabilitas rocker-arm baru. “Konstruksinya beda, pakai bahan duralium dan kelebihannya klep berdiameter 25mm bisa masuk. Jadi maksimalnya tidak 23mm lagi, saya sedang uji daya tahannya”, ceritanya.

    Infonya power MX King warna kuning itu sudah tembus 31,5 HP pada 11,700 rpm dan torsi sekitar 19 Nm pada 9400 rpm. Woowww mantap! “Saya juga lagi riset mapping ECU Vortex karena ini basisnya dari special-engine Yamaha YZF 250. Jadi harus mencapai base-mappingnya dulu, kemudian terus diriset sesuai karakter sirkuit dan masukan rider”, sambung Sandy Agung. (Kontributor)

    KOMENTAR