Yamaha R1 dan R1M Direcall, Ini Kata Yamaha Indonesia

    Yamaha R1 dan R1M Direcall, Ini Kata Yamaha Indonesia

    SHARE
    Mesin Yamaha R1M
    Mesin Yamaha R1M

    MESINBALAP.com – Yamaha Indonesia (YIMM) mulai angkat bicara terkait kabar recall yang akan dilakukan Yamaha Global terhadap All-New R1 dan R1M. Seperti ditulis di berita sebelumnya, kampanye recall ini hanya akan menyasar sejumlah unit Yamaha YZF-R1 maupun YZF-R1M rakitan 2015.

    Kendati bukan recall masal, namun efek yang ditimbulkan bisa fatal bagi pengguna kedua superbike tersebut. Pasalnya ada masalah cacat produksi di gearbox R1 dan R1M yang bisa mengakibatkan kecelakaan fatal bagi penggunanya.

    Soal itu, YIMM mengaku belum dapat informasinya, baik informasi dari Yamaha Pusat maupun dari tim servis R-Shop Yamaha di Indonesia. YIMM juga belum bisa memastikan apakah dampak cacat transmisi itu akan menjalar ke R1/R1M yang dijual di tanah air.

    “Kami belum dapat informasinya, jadi masih menunggu. Kami kan informasinya dari servis kalau soal policy itu. Jadi maaf saya belum bisa informasikan”, ungkap Asisten GM Marketing YIMM Mohammad Masykur, dilansir dari detikOTO.

    BACA: All-New Yamaha R1 & R1M Terkena Recall Akibat Cacat Transmisi

    Disinyalir faktor material komponen gearbox lah yang jadi penyebabnya. Tercatat gear 2-3-4 ini terkena imbasnya, dimana shifting gear yang cukup ekstrim bisa menyebabkan gearbox macet, miss gear saat shifting dan yang paling parah bisa membuat gearbox hancur.

    Masalah tersebut bisa timbul jika R1/R1M dikendarai secara ekstrim, ‘mungkin’ misalnya jika dipacu dengan gaya bebas di sirkuit dalam kondisi yang masih standar. “Masih 10 unit. Ya itu R1 dan R1M. Belum ada keluhan atau apa”, ucap Masykur yang mengaku belum menerima keluhan sama sekali dari pengguna All-New R1 dan R1M.

    KOMENTAR