Yamaha R3 Nyaris Tak Laku di India, Penjualannya Suram

    Yamaha R3 Nyaris Tak Laku di India, Penjualannya Suram

    SHARE
    Yamaha R3
    Yamaha R3

    MESINBALAP.com – Penjualan Yamaha YZF-R3 dikabarkan nyaris suram sejak bulan Oktober lalu. Saat pertama kali diluncurkan pada Agustus 2015, Yamaha India berharap kembaran R25 tersebut mampu mendobrak pasar dan bersaing dengan model serupa di segmen yang sama.

    Namun, bukannya laris yang didapatkan, melainkan grafik penjualan yang semakin turun signifikan dari bulan ke bulan. Hal ini jauh dari ekspektasi sebelumnya, dimana Yamaha berharap R3 bisa terjual sebanyak 2000 unit pada tahun pertama selepas peluncurannya di India.

    Menurut media lokal setempat ‘Rushlane’, Yamaha R3 telah terjual sebanyak 256 unit pada bulan Agustus-September 2015 atau tak lama setelah launching resminya. Tapi satu bulan kemudian yakni Oktober 2015 sama sekali tak ada penjualan yang dicatatkan R3.

    Yamaha R3 dipasarkan di India dengan banderol harga 325 INR atau sekitar Rp 67,1 juta. Harga ini dinilai memang cukup mahal disana, tapi dianggap bukan menjadi penyebab anjloknya penjualan YZF-R3.

    Beberapa dealer Yamaha di India mengungkapkan bahwa jika mereka memesan satu unit R3, maka mereka diwajibkan memesan 20 unit model sepeda motor lainnya. Dengan kata lain, perbandingannya 1:20 dan hal inilah yang diduga memicu anloknya penjualan R3 di India.

    KOMENTAR