Faktor Biaya Sebabkan Kawasaki Enggan Kembali ke MotoGP

    Faktor Biaya Sebabkan Kawasaki Enggan Kembali ke MotoGP

    SHARE
    Hayate Racing (MotoGP 2009)
    Hayate Racing (MotoGP 2009)

    MESINBALAP.com – Kawasaki menegaskan bahwa mereka tidak akan balik ke ajang balap MotoGP dalam waktu dekat ini. Faktor biaya disebut-sebut membuat pabrikan Jepang tersebut enggan berkompetisi kembali di MotoGP.

    Sudah bukan rahasia lagi kalau MotoGP merupakan balapan kelas kakap dan membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk terjun di dalamnya. Saat ini hanya ada tiga pabrikan besar yang bertarung di MotoGP, termasuk Honda, Yamaha dan Ducati.

    Sementara Kawasaki terlilit masalah keuangan pada tahun 2008 yang menyebabkannya cabut dari MotoGP. Mereka hanya sanggup menerjunkan satu unit Ninja ZX-RR 800 di bawah naungan Tim Hayate Racing dengan pembalapnya Marco Melandri pada musim 2009.

    “Investasi yang digulirkan tidak akan membuat kami mampu bersaing (dengan pabrikan lainnya)”, terang Ichiro Yoda selaku Bos Kawasaki WSBK, dilansir dari Motorsport. Bicara soal Ichiro Yoda, dia adalah orang yang berada di balik pengembangan Yamaha M1 sebelum era Masao Furusawa.

    Karena gagal mengembangkan Yamaha M1, akhirnya dia memutuskan hengkang ke Kawasaki dan dicap bukan Samurai sejati oleh Furusawa. Lantas pengembangan YZR-M1 digantikan Furusawa pada musim 2003, tepat setahun sebelum Rossi pindah ke Yamaha.

    KOMENTAR