Kawasaki Sudi Kembali ke MotoGP Jika Regulasinya Lebih Lunak

    Kawasaki Sudi Kembali ke MotoGP Jika Regulasinya Lebih Lunak

    SHARE
    Kawasaki Ninja ZX-RR
    Kawasaki Ninja ZX-RR

    MESINBALAP.com – Kawasaki mengatakan siap kembali ke MotoGP jika regulasinya lebih lunak dan tidak terlalu banyak aturan. Seperti kita ketahui, regulasi teknis MotoGP saat ini sangat lah ketat dan banyak membatasi pengembangan motor.

    Disamping itu, mulai musim depan semua pabrikan di MotoGP diwajibkan menggunakan 7 mesin per musim dengan spesifikasi dibekukan dan bobot motor minimum 157 kg. Tidak ketinggalan penggunaan ECU tunggal dari Magneti Marelli dan kapasitas tangki BBM 22 liter.

    “Jika kami kembali, beberapa hal harus berubah. Saat ini peraturan di MotoGP sangat ketat. Misalnya, kami tidak boleh berkompetisi menggunakan motor produksi massal”, ujar bos besar Kawasaki WSBK Ichiro Yoda, dikutip dari Motorsport.

    Jadi selain masalah biaya, faktor pembatasan pengembangan motor juga membuat Kawasaki berpikir ulang jika ingin come back ke MotoGP. Tim kelas bawah saat ini juga tidak diperbolehkan menggunakan motor produksi massal, melainkan harus turun dengan status Open Class.

    Beda dengan era CRT dulu, dimana para tim yang minim dana diizinkan menggunakan basis motor produksi massal seperti Kawasaki ZX-10R, BMW S1000RR dan Honda CBR1000RR Fireblade.

    Kawasaki ZX-RR

    Juga soal seamless-shift gearbox alias SSG yang banyak manfaatnya itu, Kawasaki tidak tertarik menggunakannya. Tak lain karena harga SSG yang terlampaui mahal. Apalagi mengembangkannya mulai dari nol, lalu disematkan di motor mass production, tentu menguras kantong Kawasaki.

    “Memang ada solusi teknologi yang telah diadopsi oleh pabrikan lainnya seperti seamless-shift gearbox. Tapi kami tidak akan pernah menggunakannya di motor produksi massal kami. Karena itu terlalu mahal, tidak akan ada gunanya”, lanjut Yoda.

    Kawasaki rela kembali ke MotoGP jika Dorna sudi merubah filosofinya dan membuat regulasinya ‘truly open’ tanpa nuansa politik. Namun, fokus Kawasaki saat ini tetap di Superbike.

    “Tentu saja, jika Dorna mau merubah filosofi MotoGP dan membuat regulasinya benar-benar terbuka, yang mengijinkan semua pabrikan bereksperimen secara bebas, mungkin kami bakal kembali ke MotoGP. Namun untuk saat ini, kami tetap fokus di Superbike”, tutup big bos Kawasaki WSBK itu.

    KOMENTAR