Recall Yamaha R1 dan R1M Berpotensi Menyebar ke Seluruh Dunia

    Recall Yamaha R1 dan R1M Berpotensi Menyebar ke Seluruh Dunia

    SHARE

    Yamaha YZF-R1 2015
    Yamaha YZF-R1 2015
    MESINBALAP.com – Masih ingat dengan kabar recall Yamaha R1 dan R1M akibat cacat produksi pada transmisinya? Ternyata isu ini belum mendapat tanggapan serius dari Yamaha Motor USA dan bahkan mereka belum membuat statement resmi soal itu.

    Laman Autoevolution mengabarkan bahwa recall tersebut berpotensi mempengaruhi semua unit Yamaha R1 dan R1M (produksi 2015) yang dijual di seluruh dunia. Artinya semua unit superbike itu akan ditarik kembali untuk diperbaiki transmisinya, termasuk juga di Indonesia?

    “Masalah terbesarnya adalah seluruh (unit) R1 dan R1M tampaknya bakal terpengaruh oleh masalah ini (cacat gearbox) dan artinya semua motor keluaran tahun 2015 harus ditarik kembali untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan”, tulis laman Autoevolution.

    Sementara itu, laman Asphaltandrubber menerima laporan jika semua unit Yamaha R1 maupun R1M di Amerika bakal terkena recall semuanya. Itu tidak mengherankan, lantaran Negeri Mamarika ehh Amerika sangat memprioritaskan aspek safety pada semua kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

    BACA JUGA: Yamaha R1 dan R1M Direcall, Ini Kata Yamaha Indonesia

    “Sumber kami mengindikasikan bahwa semua superbike yang dijual di Amerika Serikat bakal terpengaruh oleh masalah transmisi New R1 tersebut”, tulis Asphaltandrubber dalam postingannya.

    Transport Canada, importir sepeda motor Yamaha di Kanada telah mengeluarkan pernyataan recall untuk 240 unit Yamaha R1/R1M. Sementara beberapa pemilik R1 di Amerika Serikat telah menerima surat edaran dari dealer Yamaha terkait prosedur recall tunggangan mereka.

    Kendati recall terkesan seperti momok menakutkan, apalagi dalam jumlah yang banyak, namun Yamaha bisa memanfaatkan situasi ini untuk memperkuat loyalitas konsumennya. Bukankah layanan purna jual itu sama pentingnya? Sebagai jaminan mutu produk yang ditawarkan sebuah produsen.

    KOMENTAR