MotoGP Batal Digelar di Indonesia?

    MotoGP Batal Digelar di Indonesia?

    SHARE
    Valentino Rossi
    Valentino Rossi (Foto: Yamaha)

    MESINBALAP.com – Apakah anda berharap MotoGP akan digelar di Indonesia pada tahun 2017 mendatang? Oke mulai sekarang lupakan semua itu, setidaknya saat anda membaca artikel ini. Karena apa? Silahkan lanjutkan baca tulisannya sampai selesai.

    Laman otomotif berbahasa Jerman “Speedweek” melaporkan bahwa kemungkinan MotoGP digelar di Indonesia sangat kecil. Sebaliknya, Finlandia dinilai Dorna punya peluang jauh lebih besar untuk kembali menggelar MotoGP.

    Finlandia telah absen dari kalender MotoGP sejak tahun 1982 silam. Balapan GP terakhirnya kala itu di gelar di jalanan berbahaya di kota Imatra, sekitar 4 KM dari perbatasan negara Rusia.

    Kini Finlandia ingin kembali ke MotoGP dengan sirkuitnya Kymi Motorsport Parks yang dinilai jauh lebih siap dibanding sirkuit Buriram Thailand maupun Sentul Indonesia. Sementara itu, Thailand diperkirakan baru bisa menggelar MotoGP pada 2018 mendatang.

    “Kymi Ring memang sesuai dengan homologasi sirkuit Formula 1. Namun, Grand Prix Formula 1 bukan bagian dari rencana kami dan itu tidak pernah ada”, ucap Kari O. Sohlberg selaku ketua Asosiasi Motorsport Finlandia.

    Kymi Motorsport Parks
    Kymi Motorsport Parks

    Sohlberg menambahkan bahwa balap F1 bukan rencana mereka lantaran dana yang dibutuhkan jauh lebih besar dibanding menggelar MotoGP. Rencana Finlandia adalah menggelar beberapa balapan seperti MotoGP dan WSBK, serta balap mobil seperti GP2, GP3 dan DTM (German Touring Car Masters).

    “Formula 1 bukanlah tujuan realistis buat kami, karena setiap tahunnya butuh banyak uang untuk menggelarnya. Nominal uangnya tidak mampu dikumpulkan di Finlandia”, sambung Sohlberg.

    “Yang paling mungkin bagi kami adalah menjadi tuan rumah balap MotoGP. Balapan seperti MotoGP dan World Superbike, GP2, GP3 atau DTM sangat sempurna buat kami.”

    KOMENTAR