Review Harian All-New Honda CB150R StreetFire – 4 Kekurangan Utama

    Review Harian All-New Honda CB150R StreetFire – 4 Kekurangan Utama

    SHARE
    Review Harian All-New Honda CB150R StreetFire - 4 Kekurangan Utama
    Review Harian All-New Honda CB150R StreetFire – 4 Kekurangan Utama

    MESINBALAP.com – Ada rencana membeli All-New Honda CB150R StreetFire? Kalau begitu sampean perlu tau kekurangan dan kelebihan produk naked sport baru buatan AHM itu. Sebab tidak ada produk buatan manusia yang 100 persen sempurna di dunia ini.

    Nah untuk kelebihan-kelebihannya sudah banyak diulas di beberapa media dan blog-blog terkenal sejak lama. Sampean bisa baca disana. Kalau ulasan ini ala Anak Jalanan dan unit All-New CB150R yang dipakai bukan pinjaman dari pabrikan, melainkan punya kasmin sendiri setelah bobol celengan di ATM.

    Rencana awalnya ingin membeli New CB150R Special Edition warna hitam doff. Tapi karena disuruh inden 1 bulan lamanya ya sudah batal saja lah, ambil yang warna hitam paling rasanya juga sama. Karena kasmin itu tipe orang yang tak suka menunggu, apalagi menunggu jandamu. hihihihi

    Setelah melakukan pengetesan berhari-hari lamanya di sirkuit jalanan umum (bukan sirkuit internal), berikut ini kasmin menggaris bawahi 4 poin utama kekurangan All-New Honda CB150R StreetFire. Karena rasa memang tak pernah bohong.

    1.) Posisi Riding Kurang Nyaman dan Tak Bisa Rileks

    Petama kali nunggang NCB langsung kerasa kalau posisi riding motor ini ternyata tak cukup nyaman jika dibandingkan dengan Yamaha Vixion. Badan seakan dipaksa menunduk ke depan. Alhasil gak bisa rileks buat perjalanan jarak jauh alias touring. Tapi ini cocok karena tipikal mesin baru NCB yang tergolong overstroke itu memaksa stop and go sejak putaran bawah. Barangkali sesuai filosofinya “The Real Sport Naked”?

    Muncul Getaran Keras di Sekitar Kunci Kontak NCB
    Muncul Getaran Keras di Sekitar Kunci Kontak NCB

    Namun, masalah riding tak nyaman ini bisa diatasi dengan mengganti stang bawaan NCB dengan stang milik Honda Tiger Revo / Verza 150. Dijamin nyaman deh riddingnya dan itu berlaku jika anda suka touring. Jangan lupa kabel-kabelnya ditata yang rapi. Ingat, garansi mungkin hangus jika mengganti stang NCB dengan stang Verza / Tirev. Mending tanyakan dulu ke mekanik AHASS.

    2.) Suspensi Belakang Keras

    Tak dapat dipungkiri kalau suspensi belakang All-New Honda CB150R yang mengadopsi sistem Pro-Link itu benar-benar keras. Bukan agak keras lho ya, tapi beneran keras shock belakangnya dan susah ngembat. Anehnya kekurangan tersebut dibawa sejak generasi pertama CB150R. Kenapa tidak dibuat sedikit lebih soft gitu biar gak sakit nih punggung? Terus terang saja yang paling kesakitan biasanya yang dibonceng di belakang, tuhh ngoceh mulu. hahaha

    Namun, sejak generasi pertama CB150R, salah satu main dealer Honda telah mengatakan bahwa “Suspensi empuk nyaman di kecepatan rendah tapi akan limbung di kecepatan tinggi. Sedangkan suspensi keras lebih enak di kecepatan tinggi dan tak nyaman di kecepatan rendah.” Jadi itu sebabnya Honda tak mau bikin rear shock sedikit lebih empuk?

    Suspensi Belakang New CB150R Keras
    Suspensi Belakang New CB150R Keras

    Memang kalau digeber di jalanan yang mulus penyakit kerasnya shock belakang New CB150R tidak akan terasa, apalagi kalau aspalnya tidak ada tambalannya. Dipakai ngebut sampai miring sikit dengkul cium aspal itu uenakkk (asal gak ndlosorrr). Tapi pastinya sampean tau bahwa tidak semua kondisi aspal jalan raya di Indonesia itu mulus 100% kan? Justru yang paling sering kita temui di jalan raya itu aspal tembelan dan kalau lagi bejo ya dapat aspal berlubang. hahaha

    Itu sebabnya kasmin tak hanya mengetes motor ini di jalanan yang mulus nan alus. Namun, juga di jalanan yang bergelombang dengan kondisi aspal tak rata karena adanya tambalan, serta di jalanan yang rawan macet. Hmmm… saat melewati jalanan tak rata atau banyak aspal tambalannya, serasa naik gerobak motor karena saking kerasnya shock belakang. wkwkwkwkwk

    Mungkin Honda/AHM harus mengurangi porsi pengetesan produk barunya di sirkuit internal miliknya. Soalnya motor produksi massal itu kan dipakai di jalanan umum, bukan cuma di sirkuit internal. Memang AHM punya sirkuit internal di dalam pabriknya, tujuannya agar produk baru tak bocor ke pihak luar sebelum waktunya.

    3.) Suara Mesin Kasar dan Terkadang Susah Oper Gigi

    Suara mesin All-New CB150R ini memang tergolong cukup kasar dan masih menyisakan sedikit penyakit klotok-klotok. Tapi itu dianggap tidak terlalu mengkhawatirkan, disebut wajar karena DOHC. Sayangnya dalam kondisi tertentu “saat mesin panas misalnya” terkadang membuat susah oper gigi, terasa keras saat shifting gear dan sulit masuk gigi netral.

    Suara Mesin All-New CB150R Kasar dan Terkadang Susah Oper Gigi
    Suara Mesin All-New CB150R Kasar dan Terkadang Susah Oper Gigi

    Namun, masalah tersebut bisa kita atasi dengan menggunakan oli yang lebih mantab ketimbang oli standar Honda. Paling tidak gunakan Liqui Moly 10W-40 atau Motul 5100 10W-40 / Motul 7100 10W-40. Di pasaran harga kedua oli tersebut beda tipis, yang jelas harganya sekitar 130 ribuan. Tapi untuk Motul 7100 10W-40 kalau gak salah harganya 250 ribu keatas. Ingat kapasitas oli NCB itu 1.1 liter, jadi beli dua botol ya kisanak (bukan botol miras).

    Liqui Moly 10W-40, Motul 5100 10W-40 & Motul 7100 10W-40
    Liqui Moly 10W-40, Motul 5100 10W-40 & Motul 7100 10W-40

    Nah yang terakhir ini wajib hukumnya jangan lupa gunakan bahan bakar Pertamax atau Pertamax Plus. Apalagi dengan kompresi 11,3:1, jangan maksa makek Premium maupun Pertalite. Pertanyaannya apa mungkin karena kualitas oli bawaan Honda? Sehingga menyebabkan kasarnya suara mesin NCB? Entalah, soal itu kasmin tak mau singgung.

    4.) Muncul Getaran Keras di Sekitar Kunci Kontak

    Poin yang terakhir ini menyisakan sedikit pertanyaan. Di sekitar kunci kontak All-New Honda CB150R itu bergetar cukup keras. Entah apa hanya unit motor yang kasmin terima saja yang bermasalah di sekitar kunci kontak? Sehingga menyebabkan bergetar cukup keras? Soal itu mungkin dealernya lebih tau.

    Namun, setelah sharing dengan pengguna NCB lainnya ternyata mereka juga mengalami masalah yang sama. Penyakit gemetar (getar merata) di kunci kontak ini muncul sejak pertama kali motor turun dari dealer lho. Jadi bukannya setelah digunakan beberapa kilo meter baru bergetar.

    Muncul Getaran Cukup Keras di Sekitar Kunci Kontak All-New Honda CB150R
    Muncul Getaran Cukup Keras di Sekitar Kunci Kontak All-New Honda CB150R

    Getarannya sangat terasa mulai kisaran RPM 3000 sampai RPM 7000. Kendati getarannya tak muncul sampai RPM atas, namun suara getarannya cukup mengganggu dan bikin risih saat NCB diajak melaju pelan-pelan. Seakan ada suara gesekan kraaakkkkkkkkkkkk, padahal kondisi jalanan mulus. Duh bikin malu inyong aja. hehehe

    KESIMPULAN

    Honda mungkin mengorbankan aspek kenyamanan dari New CB150R? Namun, itu tergantikan dengan desain baru yang sangat sporty dan agresif, serta mesin baru yang berkarakter overstroke nampol sejak putaran bawah.

    Oke sekian dulu repiewnya ala Anak Jalanan, semoga berguna. Ngoahahahahaha…

    KOMENTAR