Ini 3 Motor Baru yang Diprediksi Meluncur pada Februari 2016

    Ini 3 Motor Baru yang Diprediksi Meluncur pada Februari 2016

    SHARE
    3 Motor Baru yang Siap Rilis di Februari 2016
    3 Motor Baru yang Siap Rilis di Februari 2016

    MESINBALAP.com – Punya rencana membeli motor baru bulan depan? Kalau iya, semoga artikel ini bisa membantu mencerahkan isi dompet anda. Sebab salah pilih motor bisa menyebabkan anda menyesal di kemudian hari.

    Saat ini para produsen otomotif Jepang bermain sangat kompetitif dalam menyuguhkan produk-produk baru. Seperti pabrikan sayap kepak di Indonesia yang dipegang oleh Astra Honda Motor (AHM) dan Yamaha yang dipercayakan ke PT YIMM.

    Sayangnya Kawasaki tak terlalu antusias mengikuti permainan kedua pabrikan Jepang itu. Sedangkan Suzuki berusaha bangkit dari keterpurukannya di segmen roda dua dengan hanya mengandalkan Satria FU.

    Langsung saja! Setidaknya ada tiga motor baru yang diprediksi bakal meluncur di Indonesia pada bulan Februari 2016. Itu jika prediksinya tidak meleset dari jangkauan para Ahli Nujum. hehehe…

    Berikut 3 Motor Baru yang Diprediksi Meluncur Bulan Depan:

    1.) All-New Suzuki Satria FU150 Injeksi

    Penggemar ayago tidak ada salahnya melirik gacoan baru PT Suzuki Indomobil Sales 2W tersebut. All-New Satria FU150 Injeksi cocok buat mereka yang mengejar sektor high-performance dari sebuah sepeda motor tipe hyper-underbone.

    All-New Suzuki Satria FU150 Injeksi
    All-New Suzuki Satria FU150 Injeksi

    Sebab Suzuki Satria FU Injeksi disokong mesin baru dengan konstruksi 150cc DOHC 4-klep yang mampu memuntahkan power puncak 18,24 HP di rentang 10,000 rpm dan torsi sebesar 13,8 Nm pada 8,500 rpm. Dengan rasio kompresi mesin 11,5:1, ayago ini telah dibekali pendingin liquid-cooled dengan radiator berukuran jumbo. Sekaligus menggantikan oil-cooler yang kini masih dipakai di Satria FU karbu.

    Speedometer FU Injeksi Full-Digital
    Speedometer FU Injeksi Full-Digital

    Jadi tenang saja, anda tidak perlu takut terjadi overheating pada mesin, kendati powernya mencapai 18 HP lebih dengan rasio kompresi 11,5:1. Semuanya sudah diperhitungkan oleh pabrikan berlambang mirip logo Superman itu.

    Demikian juga dengan masalah spare part Suzuki yang tergolong mahal dan terkadang sulit didapatkan. Tapi sejak era Satria FU karbu itu bukan masalah besar buat penggemar setia Suzuki. Apalagi kalau dompet anda tebal tentu itu hanya masalah kecil.

    Kabarnya peluncuran All-New Suzuki Satria FU150 FI memang diundur sampai bulan Februari 2016. Awalnya akan diluncurkan bulan Januari ini, tapi entah kenapa kok dibatalkan? Mungkin strategi pabrikan Suzuki berubah.

    2.) Yamaha MT-15 aka Xabre 150

    Jika anda lebih suka naked sport berdesain futuristik, maka silahkan tengok calon produk baru buatan PT YIMM. Memang Yamaha MT-15 sejatinya bukan produk yang benar-benar baru bagi konsumen. Disebut demikian karena naked sport tersebut telah meluncur terlebih dulu di Thailand dengan nama Yamaha M-Slaz pada akhir tahun lalu.

    Yamaha MT-15 aka Xabre 150
    Yamaha MT-15 aka Xabre 150

    Namun, itu tetap layak disebut produk baru untuk pasar Indonesia. Juga tidak mengherankan jika MT-15 bakal dijual YIMM dengan nama Xabre 150. Apapun namanya, yang penting fans Yamaha mau beli kan?

    Hanya saja yang sangat disayangkan adalah Yamaha tetap bersikukuh menjual produk baru dengan mesin 150cc SOHC yang Commot Parts dari Vixion. Ini seperti menjual permen yang sama tapi dalam kemasan yang berbeda.

    Bagi penulis, masalah DOHC vs SOHC itu tak lebih dari sebuah trik marketing. Namun intrik DOHC kadung melekat kuat di benak konsumen dan dianggap lebih jossss buat harian ketimbang SOHC. Kendati fakta di balapan, mesin DOHC Honda Sonic 150R sempat kedodoran melawan mesin SOHC Yamaha MX King di kejurnas tahun lalu.

    Mesin SOHC Yamaha 150cc 4-klep
    Mesin SOHC Yamaha 150cc 4-klep

    Tapi apa cuma Honda yang buat mesin DOHC 150cc di Indonesia? Enggak donk, itu lihat Suzuki sudah lama punya mesin DOHC. Malahan sejak generasi pertama Satria FU karbu yang masuk ke Indonesia sekitar tahun 2004-2005. Dan faktanya laris manis kan si FU?

    Cuma bisa berharap semoga Yamaha Indonesia mempertimbangkan mesin DOHC 4-klep buat Vixion, R15 dan produk sport lainnya. Karena jujur saja saya bosen lihat produk baru tapi isinya sama. Ya itu tadi ibaratnya “menjual permen yang sama tapi kemasannya berbeda”.

    3.) New Honda CBR150R 2016

    Moncernya penjualan Honda CBR150R Lokal ternyata tidak membuat AHM terlena begitu saja. Setelah dua tahun masa baktinya dalam mengalahkan Yamaha R15, pabrikan berlambang sayap kepak itu bersiap menyegarkan lineup CBR150R Lokal. Dan sekarang lah waktunya!

    Ilustrasi New Honda CBR150R 2016
    Ilustrasi New Honda CBR150R 2016

    Indentitas Honda CBR150R 2016 akan dibuat sama seperti sang kakak yakni New CBR500R, seperti yang anda baca ditulisan sebelumnya. Sehingga antara CBR150R dan CBR250RR kelak tidak akan sama dalam hal desain, kemungkinan! Belajar dari pengalaman “Sang Silinder Tunggal”? Barangkali…

    Mesin Comotan New CB150R Berkarakter Overstroke
    Mesin Comotan New CB150R Berkarakter Overstroke

    Tidak perlu kaget jika Honda menerapkan strategi Commot Parts di tengah lesunya perekonimian Indonesia. Sebab New Honda CBR150R akan banyak menggunakan komponen yang serupa dengan CB150R StreetFire. Ibarat NCB dikarungi fairing.

    Namun, dengan volume produksi harian yang banyak, semoga AHM terus memperbaiki Quality Control terhadap produk-produknya yang akan dijual ke pasar. Seperti masalah pengecatan misalnya, juga soal bodi motor dan lain sebagainya.

    Sedangkan untuk pengguna Honda CBR150R Lokal juga tak perlu sakit hati. Jual saja tunggangannya lalu ganti sama yang baru, beress kan? hehehe…

    Jadi bakal jatuh kemana pilihan anda? Pilih Suzuki Satria FU150 Injeksi atau Yamaha MT-15 (Xabre) atau malah Honda CBR150R 2016? Soal itu terserah dompet anda. Oke sekian artikelnya, semoga berguna…

    KOMENTAR