Diduga Karena Overprice, Honda PCX Nyaris Tak Laku di Indonesia

    Diduga Karena Overprice, Honda PCX Nyaris Tak Laku di Indonesia

    SHARE
    Yamaha NMAX vs Honda PCX
    Yamaha NMAX vs Honda PCX

    MESINBALAP.com – Ngenes sekaligus mengharukan melihat data penjualan Honda PCX di Indonesia yang nyaris tak laku. Sebetulnya inyong tidak terlalu kaget, sebab harga Honda PCX 150 di Indonesia memang tergolong overprice. Tapi lucunya kok AHM berani mengimpor skutik premium itu dari Vietnam.

    Berapa sih harga PCX 150 di Indonesia? Rp 39,8 juta OTR Jakarta alias nyaris 40 juta Rupiah kisanak. Sementara sang rival yakni Yamaha NMAX dibanderol seharga Rp 27,9 juta untuk varian ABS dan Rp 24,150 juta untuk varian non-ABS.

    Selisih harga skutik besar beda merk ini lumayan banyak lho, sekitar Rp 11,9 juta sampai Rp 15,7 jutaan. Lahh ini sih bukan lumayan banyak tapi memang beneran banyak selisihnya.

    Dengan selisih harga sebanyak itu, bukan tidak mungkin calon konsumen beralih melirik produk lainnya. Bisa jadi melirik Yamaha NMAX atau justru Honda Vario 150 eSP yang selisihnya mencapai Rp 18,6 juta dengan PCX. Delapan belas juta??

    Perlu diketahui bahwa pada bulan Desember 2015 lalu Honda PCX hanya laku sebanyak 7 unit saja, menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI). Sedangkan untuk penjualan sepanjang tahun 2015 hanya mencapai 3.852 unit.

    Berbanding terbalik dengan PCX, justru penjualan Yamaha NMAX tak terkejar. Skutik premium yang diproduksi secara lokal oleh YIMM tersebut mampu terjual sebanyak 104.088 unit pada Januari-November 2015. Namun, khusus penjualan bulan November 2015 mencapai 13.477 unit untuk pasar Indonesia dan 4.478 unit untuk ekspor.

    Bagaikan bumi dan langit ya penjualannya? Mau nantang NMAX tapi masih impor PCX dari luar negeri, ya beginilah hasil akhirnya.

    KOMENTAR