Stoner Sebut Eektronik MotoGP Masih Sangat Canggih

    Stoner Sebut Eektronik MotoGP Masih Sangat Canggih

    SHARE
    Kata Stoner ECU MotoGP masih sangat canggih
    Kata Stoner ECU MotoGP masih sangat canggih

    MESINBALAP.com – Sistem elektronik di MotoGP musim ini telah dirubah dengan format single ECU. Namun, Casey Stoner merasa bahwa elektronik yang dipakai saat ini masih sangat lah canggih. Kendati ECU telah diseragamkan untuk semua tim.

    Ketika masih aktif membalap di era MotoGP 4-tak, Stoner dikenal sebagai salah satu pembalap yang jarang memanfaatkan piranti elektronik. Tak ayal saat tes privat di Sepang kemarin dirinya berceloteh “ECU tunggal tak jauh beda dengan ECU pabrikan”.

    “Menurut pendapatku ECU saat ini masih sangat canggih. Jadi mereka (pabrikan) mungkin telah menghentikan pengembangannya. Tapi secara realistis mereka tidak kembali ke masa lampau”, ucap Stoner kepada Crash.

    “Jika anda ingin melakukan apapun, harusnya kembali ke tahun 2006-2007. Ketika elektronik sudah digunakan, namun perannya tidak benar-benar membantu anda menjadi lebih cepat.”

    Tujuan dari penggunaan single ECU adalah untuk menekan biaya balap di MotoGP. Juga agar semua pembalap MotoGP serta tim kelas bawah bisa merasakan teknologi elektronik yang sama.

    Stoner geber Ducati GP15
    Stoner geber Ducati GP15

    ECU tunggal dikembangkan secara bersama-sama oleh tiga pabrikan MotoGP yakni Honda, Yamaha dan Ducati. Sementara Magneti Marelli dan Dorna Sports akan menjembatani ketiganya.

    “Jadi ini masih cukup canggih dan aku yakin tak seorang pun telah mencapai potensi sesungguhnya. Mereka masih mempelajari program dan sistemnya. Masih ada jalan panjang untuk pergi dan itu bakal disempurnakan lagi”, jelas Stoner.

    KOMENTAR