Tips Mengatasi Rumah Kunci Getar pada All-New Honda CB150R

    Tips Mengatasi Rumah Kunci Getar pada All-New Honda CB150R

    SHARE
    Tips Mengatasi Rumah Kunci Getar pada All-New Honda CB150R
    Tips Mengatasi Rumah Kunci Getar pada All-New Honda CB150R

    MESINBALAP.com – Salah satu masalah kecil yang cukup mengganggu pada All-New Honda CB150R StreetFire adalah munculnya getaran di sekitar rumah kunci kontak. Sepele sih bro, namun ini bikin risih jika anda mengendarai NCB setiap hari. Kalau ente repiew gebernya cuman sehari dua hari seminggu mungkin gak ngefek. Lebih ngefek konsumen yang makai tiap hari!!

    Seperti yang pernah kasmin katakan sebelumnya, getaran tersebut muncul diatas RPM 3000-5000 disertai dengan bunyi kraaakkkkkkkkkkkk yang cukup nyaring. Nah benda apakah itu sampai berbunyi kraaakkkkkkkkkkkk? Anumu kali. hahaha

    Diakui atau tidak, mungkin ini masalah kecil yang dibawa New Honda CB150R sejak dari pabriknya (bawaan pabrik). Sebab bunyi aneh itu sudah muncul sejak motor turun dari dealer alias masih kinyis-kinyis. Kesannya jadi berisik saat naik NCB pelan-pelan.

    Masalah getaran di rumah kunci ini tidak hanya dikeluhkan oleh satu dua pengguna NCB saja, melainkan cukup banyak yang mengeluhkan. Bahkan banyak rekan-rekan yang curhat ke kasmin. Kendati tidak semua unit NCB yang keluar dari pabrik mengalami masalah ini. Ya mungkin apes kita saja, ketiban unit NCB yang getar di rumah kunci kontaknya.

    Mengatasi Rumah Kunci New Honda CB150R Bergetar
    Mengatasi Rumah Kunci New Honda CB150R Bergetar

    Tapi tenang bro ini hanya masalah sepele kok dan sudah ada solusinya. Tips jitu berikut ini dishare oleh bro Wisnoe Aprijadi di grup NCB (Suwun mas). Jika kurang jelas atau sampean tak mau repot, silahkan berkonsultasi dengan mekanik AHASS.

    Solusi Rumah Kunci Getar pada New Honda CB150R:

    Bahan & Alat:
    1.) Cutter / Gunting
    2.) Dobel Tape Busa
    3.) Kunci L

    Step by Step:
    1.) Lepaskan baut cover [Gambar 1]. Untuk nomor 1 warna kuning optional.

    Solusi Rumah Kunci All-New Honda CB150R Bergetar
    Gambar 1

    2.) Lepaskan shroud dimulai dari samping dari pengaitnya [Gambar 2].

    Memperbaiki Rumah Kunci New CB150R yang Bergetar
    Gambar 2

    3.) Lepas satu set shroud kanan kiri dan cover rumah kunci [Gambar 3].

    Tips Mengatasi Getaran pada Rumah Kunci All-New CB150R StreetFire
    Gambar 3

    ***Disini shroud terdapat pengait [Gambar 4].

    Membenahi Rumah Kunci Honda CB150R Agar Tidak Bergetar
    Gambar 4

    4.) Potong dobel tape sepanjang sisi samping rumah kunci setebal 3-4x lapis kemudian pasang pada rumah kunci [Gambar 5].

    Tips Meredam Getaran di Rumah Kunci New CB150R
    Gambar 5

    5.) Buat sekali lagi ukuran sepanjang -+3cm – 4cm tebal 3/4 lapis kemudian lekatkan pada bagian belakang dalam cover rumah kunci [Gambar 6].

    Solusi Rumah Kunci NCB Bergetar
    Gambar 6

    6.) Setelah selesai pasang kembali part shroud dimulai dari kebalikan nomor 3-2-1. Dimulai dari cover rumah kunci dorong ke depan, kemudian shroud kanan kiri tarik ke belakang (hati-hati waktu memasang shroud karena terdapat pengait).

    7.) Setelah selesai silakan dicoba, nyalakan mesin kemudian tarik gas sampai RPM menunjukan angka 5 (RPM harus konsisten gak boleh naik/turun).

    Jika masih terdengar suara kunci getar lapisan dobel tape bisa ditambah ketebalannya. Oke selamat mencoba dan semoga berguna buat pembaca yang kemarin sempat bertanya ke kasmin.

    KOMENTAR