Pengembangan Yamaha M1 Berjalan Mulus, Rossi Sebut Lorenzo Tak Banyak Kerja

    Pengembangan Yamaha M1 Berjalan Mulus, Rossi Sebut Lorenzo Tak Banyak Kerja

    SHARE
    Valentino Rossi, Tes MotoGP 2016
    Valentino Rossi, Tes MotoGP 2016 (foto: Yamaha)

    MESINBALAP.com – Nampaknya pengembangan Yamaha YZR-M1 berjalan mulus untuk musim 2016. Terbukti selama tiga hari tes MotoGP Sepang, squad pabrikan Yamaha mampu konsisten di posisi 3 besar. Tidak goyah sedikit pun posisinya, tidak pula keluar dari tiga besar.

    Hari pertama tes Lorenzo keluar dengan catatan waktu 2 menit 0,684 detik (posisi 1). Lalu membaik ke angka 2 menit 0,155 detik (posisi 2). Di hari terakhir tes catatan waktu JL tembus di bawah 2 menit dan membuatnya bertengger di posisi puncak.

    Itu membuktikan bahwa Yamaha jauh lebih cepat beradaptasi dengan regulasi ECU tunggal yang digagas Dorna Sport. Bisa disebut software racikan Magneti Marelli itu sudah hampir klop dengan M1.

    Soal ban Michelin juga cocok dengan Yamaha, meskipun Lorenzo sempat crash di hari kedua tes. “Jorge merasa sangat nyaman dengan ban dan motornya, dia memacu sampai limit dan lajunya lebih baik”, puji Rossi via Crash.

    Namun, Rossi sempat menyebut Lorenzo tak banyak bekerja jika dibandingkan dirinya. Fokusnya hanya di masalah performa alias tak banyak eksperimen. Padahal di era ECU tunggal dan peralihan ban dari Bridgestone ke Michelin, pabrikan butuh lebih banyak masukan dari pembalapnya. Apalagi ini awal musim MotoGP 2016.

    “Tapi ini masih tes pertama. Aku melakukan lebih banyak pekerjaan jorok dibandingkan dia, lebih banyak lap dan segala sesuatunya. Dia lebih berkonsentrasi dalam hal performa. Tapi bagaimanapun juga catatan waktunya mengesankan buat semua orang”, sambung Rossi.

    KOMENTAR