Tes MotoGP Sepang 2016: Sejak Ganti ECU Baru, Honda Banyak Masalah Kata...

    Tes MotoGP Sepang 2016: Sejak Ganti ECU Baru, Honda Banyak Masalah Kata Marquez

    SHARE
    Marc Marquez, Tes MotoGP Sepang 2016
    Marc Marquez, Tes MotoGP Sepang 2016

    MESINBALAP.com – Marc Marquez menilai banyak masalah mulai bermunculan sejak ganti ECU baru made in Dorna Sport dan Magneti Marelli. Masalah terbesar menurutnya adalah soal ritme balap yang kini menjadi sulit ditemukan.

    Pemuda Spanyol itu dengan tegas mengisyaratkan susah konsisten di atas Honda RC213V. Tak seperti musim lalu dengan elektronik yang masih bikinan pabrikan Honda. Sekarang elektronik dibuat seragam untuk semua tim, meski ada sedikit perbedaan.

    Marquez hanya sanggup menembus posisi tiga besar di hari terakhir tes MotoGP Sepang 2016. Soal catatan waktu, dia terpaut 1,3 detik dari Jorge Lorenzo. Namun, hasil tersebut masih jauh lebih bagus dibanding hasil tes hari pertama dan kedua.

    “Hari ini kami mendapat sejumlah masalah, terutama soal ritme. Gampang untuk menjaga kecepatan tapi kami tetap berjuang keras dan jauh dari posisi yang kami inginkan. Ini tanda tanya besar bagi kami karena masalahku adalah dengan elektronik”, ujar Marquez dikutip dari Crash.

    Meskipun Honda membawa dua mesin baru dengan spek beda, namun Marquez ogah membandingkannya lagi lantaran perbedaan keduanya tidak begitu banyak. Dan Honda tertinggal jauh dalam hal elektronik baru menurut Marquez.

    Marquez Test MotoGP Sepang 2016

    “Aku fokus di mesin baru, aku tidak membandingkannya lagi dengan mesin 2016 yang dites akhir musim lalu. Sebab perbedaannya tidak begitu besar tapi seperti yang aku katakan, dengan elektronik itu kami tertinggal jauh. Sulit membandingkan karena batasannya ada di elektronik dan kami harus memperbaikinya”, lanjutnya.

    Honda tidak bisa memanfaatkan data elektronik dari RCV Open Class. Karena banyak perbedaan antara RCV Open Class dengan RCV yang dipakai tim pabrikan. Berbeda dengan Ducati yang agak mirip dalam hal motor pabrikan dengan Open Class.

    “Kami tidak bisa menggunakan data tersebut karena mesinnya benar-benar berbeda, semuanya berbeda. Mungkin mesin Ducati lebih mirip dan elektroniknya juga mirip dengan yang digunakan (motor Open Class). Tapi untuk mesin tahun lalu dengan motor Open Class itu benar-benar berbeda dan mereka tidak bisa menggunakan datanya”, terang Marquez.

    KOMENTAR