Siap-Siap! Ribuan Karyawan Honda dan Yamaha Bakal di-PHK Tahun ini

    Siap-Siap! Ribuan Karyawan Honda dan Yamaha Bakal di-PHK Tahun ini

    SHARE
    Karyawan Honda Terancam PHK
    Karyawan Honda Terancam PHK

    MESINBALAP.com – Puluhan ribu karyawan PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dikabarkan terancam PHK tahun ini. Diprediksi PHK besar-besaran akan terjadi tahun ini, khususnya di sektor industri otomotif.

    Disebut-sebut yang jadi pemicu utamanya adalah penjualan sepeda motor di Indonesia yang sejak tahun 2015 lalu telah menurun drastis. Walaupun penjualan sepeda motor menurun, tetap saja populasi kendaraan roda dua di Indonesia sudah sangat banyak.

    Yahh gak heran kalau macet! Miris juga sih bro, jualan motor dengan slogan kencang embel-embel MotoGP tapi jalanan pada macet. Mau digeber dimana coba? Ehh jaka sembung bawa cilok, ini ngomongin PHK karyawan kok malah melenceng ke MotoGP. wkwkwkwk

    “Potensi PHK ini akan terjadi pada industri komponen automotif dan sepeda motor. Ini bisa terlihat dari penurunan penjualan sepeda motor contohnya”, ujar Said Iqbal selaku Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), dikutip via Okezone.

    “Memang ada rencana PHK dari dua perusahaan tersebut. ‎Astra Honda Motor lebih ke komponen motor Honda sedangkan Yamaha justru pada komponen inti, industri automotif.”

    Karyawan Yamaha Terancam PHK
    Karyawan Yamaha Terancam PHK

    Menurut ketua KSPI itu, baik Honda dan Yamaha siap melakukan PHK terhadap karyawan kontrak. Diprediksi sekitar puluhan ribu karyawan kontrak yang bakal terkena PHK. Untuk karyawan tetap bersyukurlah anda karena tidak akan terkena PHK.

    ‎”Ini tidak terjadi pada karyawan tetap, tetapi di karyawan kontrak. Biasanya kalau kontraknya habis kan diperpanjang. Potensi PHKnya bisa sampai puluhan ribu”, sambungnya.

    Sejarah mencatat bahwa gelombang PHK besar-besaran telah terjadi pada tahun 1998 lalu. Kini ancaman tersebut datang kembali di tahun 2016. Semoga anda bukan salah satu karyawan yang terancam PHK.

    KOMENTAR