Bidik Yamaha NMAX!! AHM Siap Racik Honda Forza 150, Semoga Bukan Mesin...

    Bidik Yamaha NMAX!! AHM Siap Racik Honda Forza 150, Semoga Bukan Mesin Vario 150 eSP

    SHARE
    Honda Forza 125
    Honda Forza 125 (Foto: Largus)

    MESINBALAP.com – Sejauh ini PT Astra Honda Motor tak berkutik bermain di segmen skutik premium nan besar. Penyebabnya disebut-sebut karena harga jual Honda PCX 150 yang terlalu mahal (overprice) untuk pasar Indonesia.

    Namun, mahalnya PCX masih bisa ditolerir sebab itu produk berstatus CBU (Completely Built-up). Nan jauh dari PCX, Yamaha justru melenggang dengan skutik premium NMAX yang diproduksi secara lokal di pabrik YIMM.

    Skutik lokal rasa premium tapi harga terjangkau, akhirnya laku keras si NMAX. Buktinya pada tahun 2015 lalu Yamaha NMAX terjual sekitar 104.088 unit (Januari-November 2015), sementara PCX hanya laku 3.852 unit. Jauh banget selisihnya? Nah itu fakta yang dibeberkan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

    Kabar terkini mengungkapkan bahwa AHM berencana melokalkan Honda Forza dengan opsi mesin 125cc maupun 150cc. Forza sejatinya melenggang dengan mesin 125cc di pasar Eropa. Skutik premium itu meluncur secara resmi di pameran Intermot pada 2014 silam.

    Honda Forza 125 untuk Pasar Eropa
    Honda Forza 125 untuk Pasar Eropa (Foto: Largus)

    “Kami lagi siapkan itu (Skutik). Desain futuristik, rencananya baru tahun depan tapi. Desainnya mirip seperti itu (Forza), tapi ada perbedaannya. Soal mesin 125 cc atau 150 cc, itu urusan gampang. Kita ada dua-duanya. Tapi, masih jauh lah”, ungkap sang pembocor kepada Kompas.

    Jika dipasarkan di Indonesia kelak, harapannya semoga Honda Forza 150 tidak mencomot mesin Vario 150 eSP. Dengan kata lain benar-benar mesin baru dan tidak commot parts engine dari skutik lainnya. Maklum kan skutik premium, masak mesinnya sama kayak Vario? Nah tentu tidak…

    Sumber: Kompas Otomotif

    KOMENTAR