Ini Beda Mesin DOHC Suzuki Satria FU150 FI dengan DOHC ala Honda...

    Ini Beda Mesin DOHC Suzuki Satria FU150 FI dengan DOHC ala Honda Sonic 150R

    SHARE
    Beda Mesin DOHC Satria FU150 FI dengan Sonic 150R
    Beda Mesin DOHC Satria FU150 FI dengan Sonic 150R

    MESINBALAP.com – Pembaca yang budiman dan budiwati tentu sudah tau bahwa baik Suzuki Satria FU maupun Honda Sonic 150R sama-sama mengadopsi mesin DOHC 4-klep. Tapi mungkin hanya sedikit diantara kita yang paham perbedaan keduanya. Kasmin sebenarnya juga paham tapi gak seratus persen, maklum bukan teknisi mesin.

    Jadi kasmin tulis sebisanya dengan kapasitas sebagai seorang penulis. Tapi untunglah kasmin mendapat wejangan dari seorang rekan teknisi balap lintas merek. Ya daripada dianggap sok tau lah sok pinter lah dan akhirnya dikatain “sesat”! Masih mending sesat sementara daripada dikatain “congor bajakan”. hahaha

    Walau sama-sama DOHC, antara Sonic dan Satria FU itu beda sistem DOHC-nya. Lantas apa sih beda keduanya? Sejak lahirnya All-New CB150R dan Sonic 150R, Honda menawarkan mesin DOHC baru dengan karakter yang justru cenderung overstroke. Nyeleneh bukan?

    Dari apa yang saya ketahui bahwa mesin DOHC Sonic/NCB ini mengadopsi RRA alias Roller Rocker Arm. Bisa dikata ini mirip dengan mesin SOHC 4-klep Yamaha yang juga menggunakan rocker arm. Nah dari sinilah akhirnya memunculkan opini “DOHC Abal-Abal”.

    Mesin DOHC Sonic diklaim DNA MotoGP
    Mesin DOHC Sonic diklaim DNA MotoGP

    Tapi ada tapinya… Rocker arm di mesin DOHC Honda katanya beda dengan yang digunakan di mesin SOHC Yamaha. Bentuknya lebih mirip ayunan dengan ukuran setengah dari ukuran rocker arm SOHC. Singkatnya, rocker arm di mesin DOHC Sonic/NCB berfungsi untuk membantu buka tutup klep.

    Faktor RRA inilah yang membedakan dengan DOHC Suzuki Satria FU, bahkan dengan CBR150R build up Thailand. Kedua motor itu dianggap DOHC origin dengan karakter overbore dan tanpa bantuan rocker arm alias direct.

    Bongkar Mesin DOHC Suzuki Satria FU Injeksi
    Bongkar Mesin DOHC Suzuki Satria FU Injeksi

    Adapun DOHC Suzuki Satria F150 Injeksi itu masih sama seperti pendahulunya. Bedanya ada 22 perubahan yang dibawa FU Injeksi, termasuk kampas kopling yang jauh lebih rapat dan juga sistem injeksi two-way spray.

    “Yang beda dengan DOHC Honda Sonic 150R adalah punya Suzuki Satria FU itu menekan secara langsung, cam menekan katup tanpa banyak kehilangan momen. Karena tidak ada as tambahan lain. Cam menekan tappet shim yang bersinggungan langsung dengan katup.”

    Satria F150 Injeksi Lepas Body
    Satria F150 Injeksi Lepas Body

    “Apakah banyak komponen disana? Jawabnya tidak, sebab itu jauh lebih efisien. Ketimbang Sonic yang DOHC cam jomblo. Cam menekan rocker arm, lalu roker arm menekan katup.”

    “Oke kalo nilai point yg bersinggungan sama. Tapi pada RRA, as rocker arm itu sendiri memilki nilai hambatan atau daya gesek. So lebih efisien mana yang direct atau RRA? Jawabnya tentu lebih efisin direct.”

    Ada yang kurang? Silahkan ditambahi sendiri… Ngoahahahaha

    KOMENTAR