Rossi: SSG Saja Tidaklah Cukup untuk Kalahkan Honda, Yamaha Harus Meng-upgrade M1

Rossi: SSG Saja Tidaklah Cukup untuk Kalahkan Honda, Yamaha Harus Meng-upgrade M1

SHARE

Yamaha YZR-M1 2013 #46 Valentino Rossi


Brno, Mesinbalap.com
– Valentino Rossi tak benar-benar percaya jika seamless-shift gearbox Yamaha mampu mengalahkan Honda RC213V secara konstan alias tiba-tiba. Meski bakal dijejali SSG, Rossi mengatakan bahwa dia pesimis YZR-M1 secara konsisten mampu mengasapi prototipe RC213V pada musim ini. Itulah sebabnya baru-baru ini Rossi mendesak Yamaha untuk segera meng-upgrade YZR-M1.

Di Brno akhir pekan ini, Rossi mengungkapkan bahwa seamless-shift gearbox baru dari Yamaha tidak akan sepenuhnya memperbaiki beberapa masalah yang hinggap di pacuan YZR-M1 saat ini. Indikasi ada masalah, mungkinkah masalah mesin?

Jelas salah satu yang ada dipikiran Rossi adalah jatah alokasi mesin M1 yang hanya menyisakan satu mesin baru untuk delapan seri mendatang (5 engine/season), disamping masih ada tiga mesin lama yang performanya pastinya sudah menurun dan satu mesin rusak. Upgrade lengkap paket M1 sudah pasti butuh waktu gak hanya satu sampai dua minggu tapi lama karena butuh pengetesan segala, terlebih jadwal MotoGP akhir-akhir ini sangat mepet dalam rentang waktu 3 minggu.

“Mencoba seamless-shift gearbox sangat penting agar menjadi lebih cepat, terutama dalam balapan. Tetapi, itu saja juga tidaklah cukup dan kami harus memperbaiki motor karena kami memiliki beberapa masalah lain dibandingkan dengan Honda, yang membuat kami kesulitan dalam mengejar ketertinggalan. Ada dua atau tiga detils dan SSG adalah satu dari detils itu dan kami harus terus memperbaiki M1″, ujar Rossi kepada MCN.

Seperti yang sampeyan tahu permintaan Lorenzo kepada Yamaha mengenai girboks seamless baru dikabulkan akhir-akhir ini dan cukup sukses dijajal di Brno, itu pun saat Rossi sudah balik ke Yamaha tahun ini. Girboks segar ini memang belum siap digunakan untuk balapan, apalagi di Brno akhir pekan ini.

Kedua jagoan Yamaha baik Rossi maupun Lorenzo hanya mengangkat bahunya ketika ditanya apakah mereka punya ide lain ketika gearbox baru ini siap digunakan untuk balapan. Secara tak langsung, keduanya mengisyaratkan tak tau lagi apa yang harus dilakukan setelah gearbox baru ini diaplikasikan ke mesin M1, mengingat kondisi dan situasi terkini di paddock Yamaha.

Valentino Rossi - Free Practice IMS

Seamless-shift gearbox mampu menawarkan keuntungan bukan di single lap, tapi di beberapa lap (diatas 15 lap). Perpindahan gigi menjadi lebih halus dan teratur, motor terasa lebih nyaman dan meminimalisir akselerasi tak teratur di tikungan yang menyebabkan bagian belakang motor goyang.

Yamaha mungkin baru menyadari akan masalah ini saat balikan sama Rossi yang sedikit paham dengan sistem transmisi serupa bikinan Ducati atau dikenal dengan Ducati Seamless Transmission (DST).

Honda telah menggunakan sistem transmisi seamless ini sejak awal 2011 silam ketika Stoner datang ke Repsol Honda. Tertinggal hampir dua tahun, Rossi dan Lorenzo baru-baru ini mengatakan SSG Yamaha meningkatkan stabilitas perpindahan gigi dan menawarkan kemudahan dengan akselerasi lebih cepat dan sangat konsisten selama balapan berlangsung (full race).