Mengikuti Kompetitor? “Tidak 100 Persen”, kata Honda

    Mengikuti Kompetitor? “Tidak 100 Persen”, kata Honda

    SHARE
    All-New Honda CBR150R dan Yamaha YZF-R15 dibilang mirip
    All-New Honda CBR150R dan Yamaha YZF-R15 dibilang mirip

    MESINBALAP.com – Rivalitas antar pabrikan motor Jepang memang kian sengit di pasar roda dua Indonesia. Semakin kesini semakin berat, namun konsumen beruntung karena disuguhi produk-produk yang menarik dan kompetitif.

    Honda dan Yamaha dua pabrikan Jepang yang selalu terlibat baku hantam di Indonesia. Seperti baku hantam di segmen motorsport 150cc misalnya, omongan copy paste (CTRL+C CTRL+V) selalu dimuncul-munculkan.

    Contohnya All-New Honda CB150R StreetFire yang dituding hasil copy paste dari New Yamaha Vixion Advance. Kemudian yang terkini All-New Honda CBR150R yang desainnya dianggap menjiplak Yamaha YZF-R15. Jadilah adek yang tak mirip dengan kakaknya.

    Tak hanya di sport 150cc tapi juga di kelas cabe-cabean alias ayago. Honda Sonic 150R sebagai pemain baru juga dituding hasil copas dari Suzuki Satria FU150 karbu. Namun, apa kata Honda soal copy paste ini?

    Meme Honda CBR150R Lokal K45 beda dengan adeknya
    Meme Honda CBR150R Lokal K45 beda dengan adeknya

    Honda membantah bahwa mereka tidak 100 persen selalu mengikuti kompetitor. Ada kalanya kompetitor juga gantian mengikuti mereka. Ibarat ada gula ada semut, menjual produk yang sedang diminati pasar. Kalau sepi peminat ya enggak mungkin diproduksi kan?

    “Jadi tidak 100 persen benar seperti itu (mengekor). Kita tidak berusaha mengikuti kompetitor”, kata Direktur Pemasaran PT AHM Margono Tanuwijaya kepada Kompas Otomotif

    “Soal mana yang lebih dulu itu menurut saya hanya masalah waktu dan kebijakan perusahaan saja. Kalau mau seperti itu, banyak juga kompetitor mengikuti kita, tapi janganlah dibahas seperti itu.”

    Sumber: Kompas Otomotif

    KOMENTAR