Next Yamaha R15 Harus Lebih Powerfull dari DOHC Kompetitor?

    Next Yamaha R15 Harus Lebih Powerfull dari DOHC Kompetitor?

    SHARE
    Yamaha YZF-R15 V2.0
    Yamaha YZF-R15 V2.0 (Foto: Grup R15 Indonesia)

    MESINBALAP.com – Gosip liar Next Yamaha R15 DOHC dengan rangka teralis memang sempat bikin geger para pembaca. Sebab gosip liar selalu berada di antara omongan benar dan hoax. Soal benar atau hoax itu biarlah waktu yang menjawab.

    Bagaimana jika Yamaha ogah mengadopsi teknologi DOHC pada YZF-R15 terbaru? Besar harapan sport fairing itu akan dijejali mesin SOHC 4-klep dengan teknologi VVA seperti yang dicangkokkan pada skutik premiium NMAX.

    Tidak masalah tetap SOHC, toh beda SOHC dan DOHC untuk kelas harian 150cc kan enggak banyak. Tapi yang penting ada improvement dari sisi teknologi mesin! Agar tidak ada konsumen yang berpikir “Ahh sport 150cc Yamaha mesinnya kok itu terus bosen”. Beh sobek njaran lek wes ngene ki.

    SOHC Yamaha Harus Lebih Powerfull dari DOHC Kompetitor!!

    Motorsport 150cc masa kini nampak jauh lebih mementingkan penampilan ketimbang performa. Rata-rata berdesain ciamik dengan ban gambot, tapi performa mesinnya? Seolah menjadi motor kacangan sejak Suzuki Satria FU Injeksi meluncur dengan power 18,24 HP klaim pabrikan. Duhh disentil FU bos. Kapokmu kapan! Ngoahahahaha…

    Mesin SOHC 4-klep Yamaha 150cc
    Mesin SOHC 4-klep Yamaha 150cc

    Memang ada yang menyanggah, “Buat apa motor harian dengan power besar kalau kagak dipakai balapan?” Motorsport bukan skutik, motorsport identik dengan aura kencang dan motorsport di Indonesia kan identik dengan DNA MotoGP!

    Kalau situ gak terlalu butuh power ya sudah naik skutik saja keless, gak perlu naik motorsport. Beres kan? Oiya Honda NM4 Vultus SOHC powernya 54 HP (40,3 Kw) juga kagak dipakai balapan lho. Harusnya 16 HP saja kan cukup soalnya gak dipakai balapan. Ngoahahahaha… Kapokmu kapan!

    Mesin 150cc DOHC 4-klep RRA Overstroke 16,9 HP milik All-New Honda CBR150R
    Mesin 150cc DOHC 4-klep RRA Overstroke 16,9 HP milik All-New Honda CBR150R

    Mesin DOHC 150cc RRA yang katanya mesin dewa itu bakal inferior andaikan Yamaha sudi meracik mesin 150cc SOHC 4-klep VVA dengan power lebih besarĀ (performance-oriented). Mungkin ini alasannya kenapa Yamaha harus membuat mesin SOHC lebih powerfull dari DOHC lapak sebelah?? Menyoal sasis racikan Yamaha sudah tak perlu diragukan lagi.

    Mesin 150cc DOHC 4-klep Overbore 18,24 HP Suzuki Satria FU Injeksi
    Mesin 150cc DOHC 4-klep Overbore 18,24 HP Suzuki Satria FU Injeksi

    Katakanlah powernya berada di atas power All-New Honda CBR150R yang 16,9 HP itu (klaim pabrikan). Asalkan masih dalam batas yang aman buat motor harian dan tidak mengorbankan durability. Jangan lupa radiatornya juga harus lebih besar.

    Note: Artikel ini hanya opini

    KOMENTAR