Tes F1 Barcelona 2016: Rio Haryanto Sempat Tergelincir ke Gravel

    Tes F1 Barcelona 2016: Rio Haryanto Sempat Tergelincir ke Gravel

    SHARE
    Rio Haryanto Tergelincir ke Gravel
    Rio Haryanto Tergelincir ke Gravel (Foto: Twitter @Motorracingtour)

    MESINBALAP.com – Debutan Formula 1 pertama asal Indonesia, Rio Haryanto, sempat tergelincir ke gravel saat menjalani tes pra-musim hari ketiga di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol.

    Dilansir dari laman Formulaspy, Rio melakukan kesalahan kecil yang mengakibatkan dirinya tergelincir ke gravel di Turn 5. Akibat insiden tersebut petugas sirkuit harus mengibarkan red flag sesaat dan mobil Rio langsung dievakuasi.

    Insiden ini bukan disebabkan oleh faktor teknis/mobil bermasalah, melainkan dianggap lebih ke driver error atau kesalahan Rio saat mengemudikan MRT05. Untunglah tidak ada cidera serius yang dialami oleh pembalap jebolan GP2 itu.
    .
    Rio sudah mengitari sirkuit Catalunya sebanyak 25 lap sejak pagi hari. Dirinya juga sempat menyodok ke posisi 10 dengan best time 1 menit 29,808 deti. Atau terpaut 4,5 detik dari Nico Hulkenberg. Kendati itu bukan hasil akhir tes hari ke-3.

    Mobil Rio tergelincir keluar lintasan
    Mobil Rio tergelincir keluar lintasan (Foto: Twitter @RachelBrookesTV)

    Pembalap berdarah Solo Jawa Tengah itu secara resmi memulai karirnya di ajang balap F1 hari ini. Tes pra-musim F1 hari ketiga di Barcelona dimanfaatkan Rio untuk menjajal mobil baru MRT05 garapan Manor Racing.

    “Bakal sulit secara mental dengan perjalanan dan tekanan dari Indonesia yang mengharapkanku agar menjalani musim yang bagus. Ada banyak sorotan dari media ketika aku diumumkan sebagai driver, ingin wawancara denganku dan itu banyak mengubah”, ujar Rio.

    Mobil Rio Haryanto dievakuasi
    Mobil Rio Haryanto dievakuasi (Foto: Twitter @F1)

    “Aku pembalap F1 pertama dari Indonesia dan tanpa dukungan mereka, aku tidak akan berada di sini. Mereka punya harapan besar, mereka telah menunggu lama untuk ini.”

    KOMENTAR