Tes F1 Barcelona 2016: Honda Masih Dihantui Masalah Kehandalan Mesin

    Tes F1 Barcelona 2016: Honda Masih Dihantui Masalah Kehandalan Mesin

    SHARE
    Jenson Button alami masalah kebocoran hidrolik di hari ketiga tes F1 Barcelona 2016
    Jenson Button alami masalah kebocoran hidrolik di hari ketiga tes F1 Barcelona 2016 (Foto: Marca)

    MESINBALAP.com – Honda rupanya masih dihantui masalah kehandalan mesin (reliability) dalam tes pramusim F1 2016 yang digelar di Barcelona, Spanyol. Bahkan pabrikan Jepang tersebut mengaku belum mencanangkan target untuk kehandalan mesin MP4-31 di musim balap F1 2016.

    Menyusul masalah power unit (mesin) sejak musim lalu, Honda telah melakukan banyak perubahan desain pada mesin V6 turbo mereka. Alhasil masalah kekurangan tenaga bisa mereka tutupi pada mobil MP4-31.

    Namun, Honda masih perlu melakukan banyak penyempurnaan sebelum menantang Mercedes. Sebab selain masalah power unit, kehandalan mesin F1 Honda juga masih diragukan hingga tes Barcelona pekan ini. Kendati pabrikan Jepang itu mencoba untuk mengesampingkan masalah tersebut.

    Jenson Button saat tes pramusim di Barcelona kemarin mengalami masalah kebocoran hidrolik pada mobilnya hingga menimbulkan percikan api kecil. Akibat masalah tersebut, Yusuke Hasegawa selaku project leader baru Honda F1 menegaskan bahwa kehandalan mesin tetap menjadi salah satu area utama yang perlu diperbaiki.

    “Secara umum kami memeriksa kehandalan (mesin) kami di dyno, jadi kami bisa mengkonfirmasi engine cell kami sekarang berjalan di dyno ke 4000 km. Tapi tentu saja kami juga harus memeriksanya di dalam mobil”, ujar Yusuke Hasegawa, dilansir dari Motorsport.

    “Kehandalan adalah salah satu hal yang sangat penting untuk disempurnakan dari tahun lalu ke tahun ini. Tapi seperti yang saya sebutkan, kami masih memiliki beberapa masalah kecil untuk komponennya. Jadi kami harus memastikan setiap komponennya baik-baik saja saat balapan.”

    KOMENTAR