(VIDEO) Suara Mesin All-New Honda CB150R ini Kasar dan Berisik Seperti Helikopter

    (VIDEO) Suara Mesin All-New Honda CB150R ini Kasar dan Berisik Seperti Helikopter

    SHARE
    Suara Mesin All-New Honda CB150R Kasar
    Suara Mesin All-New Honda CB150R Kasar

    MESINBALAP.com – Sudah banyak keluhan mengenai suara mesin All-New Honda CB150R yang tergolong kasar dan berisik layaknya suara helikopter. Kasmin sering menemukan keluhan-keluhan seperti itu di grub NCB. Kali ini videonya diunggah oleh bro Emir Rahmad di Youtube.

    Umumnya mesin DOHC memang tergolong lebih kasar dibanding mesin SOHC di motor batangan 150cc. Namun, untuk kasus suara mesin New CB150R ini boleh dibilang abnormal lantaran sangat kasar dan berisik yang disertai bunyi klutuk-klutuk. DOHC direct tappet milik Satria FU gak kasar-kasar amat tuhhh…

    Masalah seperti ini sebetulnya telah ada sejak generasi pertama Honda CB150R overbore. Yang paling ekstrim adalah kasus klotok-klotok pada Old CB150R, tapi untunglah penyakit NCB tidak separah ini. Ibarat di dunia pemrograman komputer, hal ini disebut sebagai bug yang harus sembuh di versi rilis terbaru.

    Solusi yang saya kasmin ketauhi sejauh ini adalah setel/ganti tensioner (rantai kamprat) dan ganti Noken As. Namun, untuk beberapa owner NCB dan bahkan Sonic 150R, solusi ini ternyata kurang mempan. Memang bisa sembuh tapi muncul lagi masalahnya di kemudian hari.

    Solusi kedua yang mungkin bisa sedikit membantu adalah ganti oli bawaan Honda dengan Liqui Moly 10W-40 maupun Motul 5100 10W-40 / Motul 7100 10W-40. Kemudian soal bahan bakar, jangan makek premium maupun pertalite karena kompresinya 11,3. Pokoknya wajib Pertamax Plus!

    KOMENTAR