Yamaha R15 DOHC Paling Buas di Kelasnya: Power 20 HP, Throttle Body...

    Yamaha R15 DOHC Paling Buas di Kelasnya: Power 20 HP, Throttle Body 34 mm! Honda CBR150R Bakal Inferior?

    SHARE
    Ilustrasi Yamaha R15 DOHC
    Ilustrasi Yamaha R15 DOHC

    MESINBALAP.com – Power isn’t everything! Benar, power memang bukan segalanya, bahkan untuk sebuah motor harian seperti matic. Tapi beda cerita untuk kasus mesin SOHC vs DOHC yang katanya ada benang merah dengan MotoGP! Gaung mesin DOHC 4-klep terasa begitu besar di segmen motorsport 150cc di Indonesia.

    Karena banyak orang khususnya konsumen roda dua menganggap bahwa mesin DOHC jauh lebih superior dibanding mesin SOHC. Anggapan seperti itu sah-saha saja, terlepas dari teknologi mesin DOHC yang dipakai. Tapi apalah artinya jika power dan torsinya sama saja dengan mesin SOHC 4-klep 150cc yang bahkan beda nol koma sekian?

    Secara tidak langsung mungkin konsumen akan berpikir “pabrikan hanya menjual kemasan DOHC?” Nah cepat atau lambat pasti ada yang berpikir demikian. Terlebih sejak Suzuki Satria FU150 FI meluncur dengan power 18 HP (klaim pabrikan/on crank). Seakan motorsport 150cc (baik DOHC maupun SOHC) lebih inferior dari Satria FU Injeksi yang dibekali mesin DOHC 4-klep overbore itu.

    Komparasi mesin DOHC Suzuki Satria FU150 Injeksi dengan kompetitornya
    Komparasi mesin DOHC Suzuki Satria FU150 Injeksi dengan kompetitornya

    Namun, strategi jitu Suzuki agaknya membuka mata batin pabrikan Garpu Tala. Ini soal Yamaha R15 DOHC yang infonya bakal punya power 20 HP dengan redline 12,000 rpm, serta dibekali ECU baru. Kemungkinan besar sportbike baru Yamaha itu akan mengadopsi mesin DOHC 4-klep dengan karakter overbore. Bukan lagi SOHC overstroke seperti Yamaha Vixion, YZF-R15 lawas dan Jupiter MX-King.

    BACA JUGA: Next Yamaha R15 Harus Lebih Powerfull dari DOHC Kompetitor?

    Menurut bocoran yang diposting TMCblog, All-New Yamaha R15 DOHC sudah sangat siap untuk dilempar ke pasar. Versi major changes ini disebut-sebut akan mengusung teknologi DOHC overbore turunan Yamaha R25. Bahkan gacoan anyar Yamaha tersebut bakal dilengkapi throttle body 34 mm dengan 6 lubang injektor. Edian besar banget, ini kan ukuran throttle body (TB) yang jamak dipakai motor balap Kejurnas?

    Teknologi Mesin DOHC Turunan Yamaha R25
    Teknologi Mesin DOHC Turunan Yamaha R25

    Sekedar info: throttle body Satria FU Injeksi saja berukuran 32 mm, sementara throttle body milik Honda Sonic 150R, All-New CB150R StreetFire dan All-New CBR150R K45G sangat kecil yakni hanya 30 mm. Nah ini Yamaha R15 DOHC punya throttle body 34 mm? Luar biasa, bener-bener ngejar performa kayaknya. Belum lagi rasio kompresinya sangat tinggi yaitu 11,6 : 1. Lebih tinggi dari New CBR150R yang 11,3 : 1.

    Bukan tidak mungkin All-New Honda CBR150R kelak bakal lebih inferior dari Yamaha R15 DOHC jika faktanya benar seperti ini. Akhirnya buat apa mesin DOHC kalau powernya sama seperti SOHC??? Ya buat dijual lah… Ngoahahaha…

    KOMENTAR