Mesin DOHC All-New CB150R dan Sonic 150R Bunyi Klotok-Klotok Berisik? Ini Solusi...

    Mesin DOHC All-New CB150R dan Sonic 150R Bunyi Klotok-Klotok Berisik? Ini Solusi dari Honda…

    SHARE
    Mesin All-New Honda CB150R StreetFire
    Mesin All-New Honda CB150R StreetFire

    MESINBALAP.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa problem utama pada mesin DOHC All-New CB150R StreetFire adalah munculnya bunyi klotok-klotok berisik alias kemletek di area blok mesin. Tak hanya NCB, masalah serupa juga menjangkiti hyper-underbone Honda Sonic 150R.

    Sepele bro? Tentu tidak, sebab masalah ini tak hanya dikeluhkan oleh satu dua orang pengguna saja. Juga masalahnya muncul dengan kondisi motor yang tergolong masih baru alias kinyis-kinyis belum ada setahun. Tentu horrible bagi ownernya.

    Sementara keluhan dari rekan-rekan owner All-New CB150R munculnya di kilometer berbeda-beda. Ada yang mengalaminya setelah servis pertama di kisaran kilometer 1000 ke atas, tapi ada juga yang mengalami di kilometer 3000an.

    Salah satu mekanik AHASS membenarkan soal masalah tersebut. Menurutnya bunyi berisik itu berasal dari tensioner lifter keteng, yang diduga ketegangannya sudah tidak maksimal. “Memang ada, itu berasal dari tensioner lifter keteng”, kata mekanik AHASS, dikutip dari Otomotifnet.

    Tensioner Lifter Milik All-New Honda CB150R SF
    Tensioner Lifter Milik All-New Honda CB150R SF

    “Apa sih tensioner lifter ini? Komponen ini tugasnya mendorong cam chain guide atau batang pemandu keteng, sehingga keteng tetap tegang agar posisinya di gir tidak loncat. Jika keteng loncat, maka waktu buka tutup klep akan kacau, efek berantainya tak hanya tenaga jadi drop, bahkan klep bisa benturan dengan piston.” (Otomotifnet).

    Wedijanto Widarso selaku GM Technical Service Division PT AHM menyarankan agar klaim garansi selama sang pemilik motor rutin melakukan servis di bengkel AHASS. Nah klaim garansi ini memang solusi yang utama bro.

    “Bisa dibawa ke AHASS terdekat biar dianalisa penyebab part bermasalahnya. Kan ada garansi 3 tahun, selama rutin servis di AHASS pasti dicover garansi dan gratis”, ucap Wedijanto Widarso.

    Modif Kaki-Kaki All-New Honda CB150R SE Black Doff
    Modif Kaki-Kaki All-New Honda CB150R SE Black Doff (Foto: M Yusa Firdaus/Grub NCB)

    Namun, dalam beberapa kasus, klaim garansi memang tak semudah yang dibayangkan dan terkadang tidak langsung ditangani. “Kalau stok tensioner lifter kosong, maka mesti inden dulu 14 hari kerja. Kalau ready paling 30 menit selesai”, sambung mekanik AHASS.

    Tapi tenang bro tensioner lifter ini bisa diperbaiki kok. “Dibongkar saja dan plat penegang di dalamnya dipotong sedikit, lalu digulung ulang agar dorongannya lebih kuat”, ucap Agustinus selaku pemilik bengkel Nero Speed.

    EFEK BERANTAI

    Respon konsumen dari mulut ke mulut bisa berujung negatif hanya karena masalah tensioner lifter keteng. Gak heran juga kalau penjualan All-New Honda CB150R dan Sonic 150R kini berangsur-angsur anjlok. Diharapkan sudah tidak ada lagi masalah seperti ini pada versi peslip dari CB150R dan Sonic 150R kelak. Tapi soal desain okelah NCB ini memang sudah bagus.

    Sumber: otomotifnet.com

    KOMENTAR