Ini Dia Solusi Anti Klotok-Klotok pada Mesin All-New Honda CB150R StreetFire, Mantab!!

    Ini Dia Solusi Anti Klotok-Klotok pada Mesin All-New Honda CB150R StreetFire, Mantab!!

    SHARE
    Solusi Anti Klotok-Klotok pada Mesin All-New Honda CB150R StreetFire
    Solusi Anti Klotok-Klotok pada Mesin All-New Honda CB150R StreetFire

    MESINBALAP.com – Nah ini tutorial yang kasmin tunggu-tunggu dari kemarin di grub NCB. Yup, solusi anti klotok-klotok pada mesin All-New Honda CB150R StreetFire yang digagas oleh bro Fajar Kabisatyo Tri Nugroho. Selain murah dan hemat biaya (cuman modal 1000 rupiah buat beli bautnya hehe), solusi ini juga jitu ternyata.

    Boleh dicoba? Tentu boleh, asalkan anda rela garansi mesin NCB anda hangus. Maka dari itu harus dipikir masak-masak sebelum mengambil keputusan. Jika anda merasa ragu dengan tips ini ya jangan diikuti bro, sing penting yakin! hehe… Ini hanya solusi alternatif disaat bengkel resmi sudah tak sanggup menanganinya. Kenapa demikian?

    Admin bilang begini bukan tanpa sebab, melainkan karena ada banyak keluhan dari owner NCB dan Sonic 150R. Dimana motornya sudah dibawa ke bengkel resmi dan sudah distel/ganti tensioner, namun tak lama penyakit “klotok-klotok/klutuk-klutuk/tek-tek-tek” itu kambuh lagi. Belum lagi inden part tensioner lifter itu lumayan lama, sebab barang tak langsung ready di beres.

    Pemicunya adalah tensioner lifter keteng
    Pemicunya adalah tensioner lifter keteng

    Saat ditanya, terinspirasi tensioner lifter racing tuh? “Gak terinspirasi om, tapi memang ini cara yang sudah sering dipakai. Temen-temen Ninja 250 pun mengalamai hal yang sama. Solusinya memang dibikin manual. Efeknya mesin jadi super halus, yang penting jangan terlalu kenceng nyetel bautnya”, terang bro Fajar.

    Oke langsung saja berikut ini tutorial yang dibuat oleh bro Fajar Kabisatyo Tri Nugroho dan sudah dicoba pada NCB-nya sendiri. Admin juga lampirkan videonya di bawah itu. DO IT WITH YOUR OWN RISK!!

    Ini bukan cara yg wajib diikuti. Ini hanya salah satu cara alternatif buat ngatasin rantai timing kendor, masih banyak cara lain yg bisa dilakukan. Berikut alasan menggunakan cara ini:

    Kelebihan:

    1.) Alternatif paling murah
    2.) Awet untuk pemakaian jangka panjang
    3.) Timing cam tidak mudah maju mundur. Karena tonjokan tidak maju mundur
    4.) Pemasangan relatif mudah
    5.) Adjust/penyetelan mudah

    Kekurangan:

    1.) Bila kendor harus distel ulang. Tapi gak cepet kendor kok, mungkin setahun atau setengah tahun sekali baru minta stel. Bisa dilakukan sewaktu servis
    2.) Bila pemasangan tidak memperhatikan kerapatan tidak diseal rawan rembes/bocor oli.

    WARNING: JANGAN TERLALU KENCANG DALAM ADJUSTMENT/PENYETELAN

    *Lakukan dalam keadaan mesin dingin
    *Petunjuk masing2 ada di dalam foto dan video
    *Keterangan ada di foto masing-masing

    Tutorial ini dibuat dan ditulis oleh Fajar Kabisatyo Tri Nugroho

    Semua yang saya tulis disini berdasarkan pengalaman saya sendiri dan saya terapkan pada kendaraan saya. Sekali lagi ini bukan anjuran wajib. Soal garansi mesin mungkin akan hangus. Do it with your own risk. (Kalau misal mau claim bagian lain, bisa pasang lagi mekanisme asli bawaan).

    1.) Pertama-tama lepaskan tensioner dengan menggunakan kunci 8, setelah terlepas buka kancing tensioner. Gunakan obeng min kecil atau tang kecil, hati-hati dengan pernya.

    Mengatasi Klotok-Klotok All-New Honda CB150R 01

    2.) Lepas mekanisme yang ada di dalam tensioner dan kumpulkan bagian-bagian yang tidak dipakai. Simpan agar di kemudian hari bisa dipasang kembali.

    Mengatasi Klotok-Klotok All-New Honda CB150R 02

    3.) Ambil bagian mekanisme yang masih terpakai: tonjokan dan kancing tonjokan, siapkan baut 8mm/kunci 10. Disarankan untuk menggunakan baut dan mur dangan kualitas yang baik, bisa baja, monel atau stainless steel. Foto di atas hanya menggunakan baut biasa, kurang direkomendasikan.

    Mengatasi Klotok-Klotok All-New Honda CB150R 03

    *(Optional) beri baut di dalam tonjokan agar baut yang digunakan di luar tidak terlalu panjang.

    Mengatasi Klotok-Klotok All-New Honda CB150R 04

    4.) Pasang kembali tonjokan dan kancing (circlip) ke tempatnya, pasang baut, mur dan ring (usahakan memakai ring tembaga) 8mm / kunci 10, bisa diganti baut L. Baut berguna sebagai lifter tensioner manual, sedangkan mur berfungsi untuk mengunci baut agar tidak maju mundur.

    Mengatasi Klotok-Klotok All-New Honda CB150R 05

    *(Optional) karena saya tidak memakai ring tembaga, maka saya menggunakan lem sealer/gasket sealer/threebone untuk mencegah kebocoran oli. Untuk estetika mungkin kurang enak di pandang, namun disini saya mengutamakan fungsi ketimbang estetika.

    Mengatasi Klotok-Klotok All-New Honda CB150R 06

    5.) Pasang tensioner manual pada blok mesin. Untuk mencegah kebocoran oli bisa ditambahkan sealer gasket di permukaan yang menempel pada blok. Adjust/stel baut penekan dengan menggunakan tangan terlebih dahulu, sampai agak berat dan kencangkan sedikit dengan menggunakan kunci

    *Warning: jangan terlalu kencang dalam adjustment/penyetelan, ilustrasi lebih jelas silahkan cek video.

    Mengatasi Klotok-Klotok All-New Honda CB150R 07

    6.) Setelah di dapat kekencangan yang pas, silahkan kencangkan mur untuk mengunci baut.

    Mengatasi Klotok-Klotok All-New Honda CB150R 08

    Terima kasih bro Fajar Kabisatyo Tri Nugroho atas tipsnya. Semoga berguna buat pembaca dan pemilik NCB maupun Sonic 150R.

    KOMENTAR