Intip AISI Februari 2016: Yamaha NMAX Terjual 13.999 Unit, Honda PCX Hanya...

    Intip AISI Februari 2016: Yamaha NMAX Terjual 13.999 Unit, Honda PCX Hanya 343 Unit

    SHARE
    Honda PCX vs Yamaha NMAX
    Honda PCX vs Yamaha NMAX (Foto: bennetts.co.uk)

    MESINBALAP.com – Keputusan Yamaha untuk melokalkan NMAX memang tak salah. Disaat pesaingnya masih pede dengan Honda PCX 150 yang merupakan produk CBU, Yamaha NMAX justru semakin melejit dalam hal penjualan di segmen skutik premium.

    Sebagaimana dilansir dari laman Kompas Otomotif, NMAX sold out sebanyak 13.999 unit pada bulan Februari 2016. Sedangkan PCX hanya laku 343 unit saja pada bulan yang sama. Artinya selisih jualannya mencapai 13.656 unit. Tentu ini GAP yang fantastis.

    Belum lagi terjadi peningkatan penjualan NMAX yang nyaris mencapai 19 persen dari bulan sebelumnya. AISI Januari 2016 NMAX terjual 11.772 unit, sementara sang rival hanya laku 269 unit.

    Data AISI diatas membuktikan Yamaha NMAX jauh lebih diminati dibanding Honda PCX yang maharnya terlampaui mahal. Adapun untuk harganya, skutik gambot Yamaha bermesin 150cc SOHC VVA 4-klep itu dijual mulai Rp 24 juta untuk varian non-ABS dan Rp 27,9 juta untuk tipe ABS. Sedangkan harga PCX tembus Rp 39,8 juta di Indonesia.

    Yamaha NMAX 150 lebih diminati konsumen Indonesia karena harganya masuk akal
    Yamaha NMAX 150 lebih diminati konsumen Indonesia karena harganya masuk akal (Foto: Yamahamustika)

    Maklum jika harga PCX mahal lantaran itu memang produk CBU. Tapi lama kelamaan jadi tak rasional, terlepas dari faktor gengsi akan sebuah produk CBU. Ngapain beli metik 40 jutaan kalau ujung-ujungnya cuman buat ke pasar, buat nganter anak sekolah atau cuman buat ngantor? Kalau ane ya rugi bandar lah bro. hehe..

    Namun, Honda sepertinya sudah mulai sadar dengan kondisi ini. Santer dikabarkan AHM telah menyiapkan Forza 150 sebagai produk lokal. Barangkali doi bakal jadi suksesor PCX di Indonesia dengan harga jual yang lebih rasional. Tentu itu harapannya! Harga lebih terjangkau dan akhirnya konsumen yang diuntungkan.

    Honda Forza 150: sang suksesor PCX siap hadir
    Honda Forza 150: sang suksesor PCX siap hadir (Foto: Largus)

    Lalu apa komentar Yamaha soal Honda Forza 150? “Saat ini kami belum punya ide, karena kami belum mengetahui seperti apa sepesifikasi kompetitor NMAX”, ucap Asisten GM Marketing PT YIMM, Mohammad Masykur, dilansir dari Kompas Otomotif.

    Asli bakal mendesah nih konsumen andaikan AHM beneran melokalkan Forza 150. hehehe…

    Sumber: otomotif.kompas.com

    KOMENTAR