Yamaha Sebut YZF-R15 Terbaru Harus Total Beda dan Gak Akan Mengekor Kompetitor

    Yamaha Sebut YZF-R15 Terbaru Harus Total Beda dan Gak Akan Mengekor Kompetitor

    SHARE
    Yamaha R15 Movistar
    Yamaha R15 Movistar (Foto: Pembaca MB)

    MESINBALAP.com – Yamaha akhirnya angkat bicara soal YZF-R15 terbaru yang gosipnya bakal meluncur tahun depan. Sportbike yang kabarnya akan menggendong mesin 150cc DOHC 4-klep ini memang tengah ditunggu-tunggu oleh biker tanah air, termasuk yang nulis ini juga sedang nunggu. Nunggu doank sih. hehe

    Ngomong-ngomong soal Yamaha R15, jujur itu motor memang sudah usang alias ‘out-of-date’ dan hanya dua kali mengalami refreshment. Model generasi kedua (v2.0) yang dijual di Indonesia saat ini sebetulnya buatan Yamaha India sejak 2011.

    Lalu bagaimana dengan R15 terbaru kelak? “R15 terbaru harus full beda dari yang sudah ada sekarang dan gak boleh mengikuti kompetitor”, terang Asisten GM Marketing PT YIMM Mohammad Masykur kepada Otomotifnet.com.

    Seperti ditulis di artikel sebelumnya, All-New Yamaha YZF-R15 dirumorkan bakal mengusung mesin 150cc DOHC 4-klep berkarakter overbore. Power puncaknya diduga lebih dari 20 HP dengan redline 12,000 rpm. Kemudian yang tak kalah menarik adalah penggunaan throttle body berdiameter 34mm dengan 6 lubang injektor, ECU baru dan rasio kompresi 11,6.

    Komparasi mesin DOHC Suzuki Satria FU150 Injeksi dengan kompetitornya
    Komparasi mesin DOHC Suzuki Satria FU150 Injeksi dengan kompetitornya

    Adapun sasisnya kemungkinan tetap deltabox atau bisa juga beralih ke teralis jika menggunakan suspensi depan upside-down. Memang isunya R15 DOHC itu bakal pakai shock USD bikinan Kayaba. Namun, Yamaha diharapkan tetap mempertahankan swing-arm banana milik R15 v2. Apa gak kemahalan harganya nanti? Weleh, kan harga bisa diatur leasing. wkwkwkwk…

    Segmen motorsport 150cc full-fairing kini dipegang oleh Honda CBR150R. Manuver AHM sendiri sangat ekstrim di awal 2016 dengan menelurkan versi major changes CBR150R K45G. Nah Yamaha butuh tenaga ekstra dan sedikit kejelian untuk mengobrak-abrik market CBR150R yang memang ada celah kecil disana.

    Sumber: otomotifnet.com

    KOMENTAR