Honda Tengah Kembangkan Transmisi DCT untuk Sportbike! Untuk New CBR250RR Dua-Silinder Juga?

    Honda Tengah Kembangkan Transmisi DCT untuk Sportbike! Untuk New CBR250RR Dua-Silinder Juga?

    SHARE
    Ilustrasi Honda CBR250RR Twin-Cylinder dengan Transmisi DCT
    Ilustrasi Honda CBR250RR Twin-Cylinder dengan Transmisi DCT

    MESINBALAP.com – Honda dikabarkan tengah mengembangkan DCT (Dual-Clutch Transmission) untuk lineup sportbike mereka dalam waktu dekat. Info panas ini dihembuskan oleh Visordown yang memang mendapat bisikan ghaib secara langsung dari insinyur DCT Honda, Kosaku Takahashi.

    Menurutnya piranti Dual-Clutch Gearbox baru akan diracik buat jajaran sportbike Honda. Mungkinkah sportbike seperempat liter New CBR250RR dua-silinder akan kebagian DCT juga? Wah sepertinya masih terlalu dini untuk menyimpulkan. Hanya saja Honda bilang untuk sportbike, bukan CBR250RR!

    Desahan ini tentu saja menarik buat pembaca yang enthusiast sportbike sejati. Selain menarik, tentu harganya bakal bikin puyeng donk? Enggak juga, kalau memang ‘worth it’ tentu dibeli berapun harganya, asal bukan DCT abal-abal lho ya. hehe…

    Kan memang begitu adanya, segmen motorsport 250cc ke atas itu sudah masuk kelas premium sikit lho. Bedalah sama kelas matik alias skutik yang masih mikirin perang harga sana sini. Pokoknya ini bukan kelasnya orang irit apalagi pelit. Makanya kita sebagai hamba Tuhan harus banyak-banyak shodaqoh biar kagak pelit. Waduh malah ceramah. hahaha

    Mesin Honda Integra dengan DCT (Dual-Clutch Transmission)
    Mesin Honda Integra dengan DCT (Dual-Clutch Transmission)

    Takahashi-san menegaskan jika ada dua motor Honda dengan bobot yang sama menggunakan DCT dan satunya lagi menggunakan transmisi biasa, maka jelas motor dengan sistem DCT bakal lebih cepat wuss wuss. Itu lantaran perpindahan giginya lebih mulusss dan mampu meminimalisir loss power.

    Bahkan doski mengambarkan sebuah kuda besi MotoGP ‘Honda RC213V’ yang menggunakan piranti DCT bakal lebih cepat larinya dibanding RC213V yang dibekali seamless-shift gearbox di era MotoGP saat ini. Namun, tentu saja bobot keduanya harus seimbang jika dikomparasikan.

    Honda RC213V-S limited production model
    Honda RC213V-S limited production model (Foto: MCN)

    Namun, selain memiliki keunggulan diatas, sistem DCT ini juga menambah bobot motor sekitar 10 kg. Hasilnya tentulah berat motor tak sama dengan motor yang pakai trasmisi biasa. Nah Takahashi-san mengatakan bahwa Honda harus mengatasi masalah bobot tersebut.

    Sayangnya piranti DCT ini akan dikembangkan terlebih dulu untuk jajaran moge sportbike Honda yang mencakup CBR1000RR Fireblade dan CBR600RR. Namun, beberapa produk Honda sudah mengaplikasikan Dual-Clutch Gearbox pada saat ini yakni Honda VFR1200F, NC750X, Africa Twin dan Integra.

    Jadi kapan DCT-nya buat New CBR250RR? Ya nungguin cicilan ente lunas dulu. wkwkwkwk

    Source: visordown.com

    KOMENTAR