Honda Patenkan Sistem Blind Spot Monitoring untuk Sepeda Motor

    Honda Patenkan Sistem Blind Spot Monitoring untuk Sepeda Motor

    SHARE
    Paten Sistem Blind Spot Monitoring Honda VFR1200F
    Paten Sistem Blind Spot Monitoring Honda VFR1200F (Foto: Motorcycle.com)

    MESINBALAP.com – Honda rupanya telah mengajukan hak paten sistem blind spot monitoring untuk sepeda motor. Sebuah fitur keselamatan yang akan memberitahu biker dari mendekati kendaraan lainnya di area blind spot (titik buta). Biar tambah sefty kalau deket mobil, truk tronton, bus atau kendaraan lainnya.

    Beberapa gambar paten terkini dari Honda VFR1200F mengungkap teknologi blind spot monitor tersebut. Sistem ini bakal memanfaatkan kamera dan radar gelombang milimeter untuk mendeteksi benda-benda di sekelilingnya. Juga akan memberikan peringatan secara visual maupun taktil jika biker akan belok ke arah yang sama seperti kendaraan di sekelilingnya.

    Dilansir dari Motorcycle.com, sensor blind spot akan melakukan pemantauan 360 derajat secara konstan di sekeliling sepeda motor guna mendeteksi jika ada kendaraan, pejalan kaki atau hambatan lainnya mendekat. Ketika biker mengaktifkan lampu sein, maka sistem akan merespon secara taktil dengan menambahkan resistan terhadap saklar lampu sein.

    Honda juga akan merancang indikator visual guna menunjukkan keberadaan hambatan yang bersifat relatif terhadap sepeda motor. Indikator bakal ditanam ke dalam panel instrumen atau menjadi piranti terpisah yang bisa dipasang di sekitar area stang. Sehingga bisa dijual sebagai aksesoris opsional.

    Paten Sistem Blind Spot Monitoring Honda 02

    Gambar paten juga memperlihatkan sejumlah motor haptic kecil yang dipasang di handgrip, footstep, jok maupun di sekitar tangki BBM. Motor haptic ini bisa membuat getaran kecil (seperti getaran HP) ke arah objek yang terdeteksi, lalu memberikan peringatan secara taktil.

    Sistem blind spot monitor tersebut kabarnya tidak hanya dibuat khusus untuk VFR1200F, namun juga untuk beberapa model sepeda motor Honda lainnya.

    MORE PHOTOS:

    Sumber: motorcycle.com

    KOMENTAR