Berita MotoGP: Marquez Sebut Honda RC213V Lemot di Le Mans, Kurang Akselerasi

    Berita MotoGP: Marquez Sebut Honda RC213V Lemot di Le Mans, Kurang Akselerasi

    SHARE
    Honda RC213V Marquez rusak parah pasca ndlosor di MotoGP Le Mans 2016
    Honda RC213V Marquez rusak parah pasca ndlosor di MotoGP Le Mans 2016

    MESINBALAP.com – Marc Marquez akhirnya bicara terus terang soal kelemahan Honda RC213V tunggangannya. Joki andalan Repsol Honda itu mengeluhkan kurangnya akselerasi pada Honda RC213V, bahkan kata dia motor itu jauh lebih lemot dibanding Yamaha M1 2016.

    Problem itu pula yang pada akhirnya menyebabkan Marquez tergelincir di pertengahan lomba GP Le Mans kemarin. Memang aneh sekali, tapi MM bilang motor itu memang kurang akselerasi dan grip bagian depannya hilang.

    “Masalahnya kami kehilangan banyak (akselerasi). Seandainya kami mampu meningkatkan akselerasinya maka kami bakal punya salah satu motor terbaik (di grid MotoGP). Tapi aku tahu Honda sedang bekerja keras. Jadi aku tak akan banyak komplain”, ujar Marquez via Crash.

    Honda tidak akan diizinkan mengoprek mesin RCV karena semua mesin telah disegel Dorna sejak awal musim. “Kami paham dimana kami perlu meningkatkannya. Tapi di sisi yang lain, sulit untuk melakukan penyempurnaan di tengah-tengah musim karena mesin disegel untuk semua pembalap”, keluhnya.

    Marquez juga membandingkan akselerasi semua motor di MotoGP. Menurutnya Ducati GP16 yang paling bagus di sektor akselerasi, sedang akselerasi Honda RC213V justru kalah dari Suzuki GSX-RR.

    “Bagiku jika kita membuat ranking akselerasi maka (posisinya adalah) Ducati, Yamaha, Suzuki dan Honda. Dengan Ducati kami kalah banyak, tapi dengan Yamaha dan Suzuki kami kalah tipis”, terang Marquez.

    “Kami tahu Honda sedang bekerja keras untuk meningkatkan akselerasi. Terutama saat wheelie karena power yang ada tidak bisa digunakan.”

    KOMENTAR