Berita MotoGP: Rossi Bilang Suzuki GSX-RR adalah Motor Juara Seperti Yamaha M1

    Berita MotoGP: Rossi Bilang Suzuki GSX-RR adalah Motor Juara Seperti Yamaha M1

    SHARE
    Suzuki GSX-RR MotoGP 2016
    Suzuki GSX-RR MotoGP 2016

    MESINBALAP.com – Dalam wawancara khusus dengan Motorsport.com, legenda GP500 Kevin Schwantz bercerita soal percakapannya dengan mekanik Yamaha jelang balapan GP Austin. Dalam kesempatan tersebut mekanik Yamaha mengatakan bahwa Suzuki GSX-RR adalah motor juara seperti Yamaha M1, menurut Valentino Rossi.

    “Aku menghabiskan sejumlah besar waktu dengan teknisi Yamaha sebelum balapan di Austin, dan aku bertanya kepada mereka apa yang Rossi pikirkan mengenai Suzuki. Mereka bilang Rossi berpendapat bahwa di tangan yang tepat, Suzuki adalah motor juara (race-winning bike)”, ucap Schwantz.

    Suzuki GSX-RR merupakan salah satu motor di grid MotoGP yang masih mendapatkan kelonggaran pengembangan. Dengan jatah 9 mesin per musim, Dorna memberikan kebebasan dalam pengembangan mesin.

    Bicara soal spek mesin, Suzuki GSX-RR mengadopsi mesin yang identik dengan Yamaha M1 yakni mesin Inline 4-cylinder 1000cc DOHC 4-valve dengan tenaga mencapai sekitar 240 HP. Oh ya prototipe ini juga sudah dibekali seamless-gearbox.

    “[Menurut Rossi] handlingnya bagus dan pengeremannya mantab, sama cepatnya dengan Yamaha di trek lurus. Pada dasarnya Rossi mengatakan bahwa itu bisa menjadi motor juara jika digeber pembalap yang mampu mencurahkan seluruh akhir pekannya bersama-sama: kualifikasi, start bagus dan skill balap”, sambung Schwantz.

    Suzuki GSX-RR Maverick Vinales
    Suzuki GSX-RR Maverick Vinales

    Tahun ini Suzuki sudah tak terlalu buruk di sektor akselerasi dan top speed, beda dengan musim lalu yang selalu kedodoran di trek lurus. Schwantz berujar jika problem tersebut sudah diatasi oleh insinyur Suzuki pada musim ini.

    “Jelas sekali Ducati masih yang paling kuat, tetapi jika anda melihat di Qatar dan Argentina tahun ini, kecepatan Suzuki di trek lurus hampir identik dengan Yamaha”, serunya.

    Bahkan kata Schwantz, pembalap papan atas macam Marquez dan Lorenzo bisa juara dengan Suzuki. Ahh yang bener mbah Schwantz? “Saya kira begitu”, tutup mantan juara GP500 itu.

    KOMENTAR