Waduh Kampas Kopling All-New Honda CB150R Gampang Terbakar, Ini Solusinya!!

    Waduh Kampas Kopling All-New Honda CB150R Gampang Terbakar, Ini Solusinya!!

    SHARE
    Kampas kopling All-New Honda CB150R gampang gosong
    Kampas kopling All-New Honda CB150R gampang gosong (Foto: Fariz Alexfan/Grup NCB)

    MESINBALAP.com – Waduh ternyata kampas kopling All-New Honda CB150R gampang terbakar alias mudah gosong? Yap begitu info yang kasmin baca di Grup All-New Honda CB150R Riders yang diposting oleh bro Fariz Alexfan sejak bulan April kemarin. Sory baru sempet share. hehe…

    Menurut bro Fariz dan bengkel yang doski singgahi menuturkan bahwa kampas kopling All-New Honda CB150R StreetFire itu gampang terbakar/gosong. Hal ini disebabkan karena house koplingnya alias rumah kopling NCB agak seret.

    Sebagai langkah pencegahan agar kamkop NCB doi gak gosong, bro Fariz terpaksa bongkar house koplingnya lalu dikikir memutar perlahan-lahan sampai merata (bisa dilihat dalam video di bawah, video kasmin lampirkan).

    Adapun soal kegosongan kampas kopling New CB150R SF, doi sendiri mengaku belum mengalami hal itu pada tunggangannya. Tapi ya itu tadi doi bongkar house koplingnya sebagai langkah pencegahan saja.

    Sedangkan untuk kasus klutuk-klutuk di mesin NCB itu memang gak bisa sekedar didiemin gegara lifter assy tensioner. Solusi dari kasmin, bisa digulung ulang pitanya atau yang lebih bagus lagi ganti tensioner baru. Tapi ya indennya lama buanget di AHASS, bisa sampai 2-3 mingguan. hehe…

    Mau yang lebih murah? Silahkan pakai tensioner Honda Karisma 125, dijamin PNP bro dan langsung ilang deh suara klutuk-klutuknya. Kalau mau yang lebih hemat lagi, silahkan baca postingan kasmin Solusi Anti Klutuk-Klutuk di Mesin All-New Honda CB150R. Kampret, maunya yang murah melulu neh. Hahaha…

    Bongkar Mesin All-New Honda CB150R StreetFire
    Bongkar All-New Honda CB150R StreetFire (Foto: Fariz Alexfan/Grup NCB)

    Berikut postingan bro Fariz Alexfan di Grup All-New Honda CB150R Riders:

    [Sempatkan baca sampai selesai]
    Assalamualaikum, kebetulan abis tune-up di bengkel Iquteche Racing. MEKANIKNYA ramah, kita tanya A sampai Z bakal diladenin. Harganya juga relatif terjangkau dibanding AHASS, dan yang paling penting hasilnya memuaskan. Jadi numpang sharing ya mas mas.

    Penyakit NCB itu ada yaitu:

    1. Klutuk-klutuk ketika mesin dingin. Penyebabnya lifter tensioner assy. Solusinya bisa digulung ulang. Dan yg ane terkejut, proses gulungnya gak pake bongkar pegasnya, cukup lepas tensionernya, trus setel manual hingga kenceng. InsyaAllah tahan untuk beberapa bulan kedepan (belum tes karena barusan dibenerin). Dan langkah ini terbukti SUKSES.

    House kopling All-New Honda CB150R agak seret
    House kopling All-New Honda CB150R agak seret (Foto: Fariz Alexfan/Grup NCB)

    2. Kampas kopling gampang terbakar (ane belum ngalamin, tapi sebagai langkah preventif akhirnya ane bongkar juga). Penyebabnya adalah house kopling (rumah kopling) NCB itu ternyata agak seret. Sehingga meski tuas kopling sudah dilepas, part-part di dalamnya masih pada nempel. Alhamdulillah punya ane dibongkar tadi gak sampai gosong, dan kampas kopling pun masih dalam keadaan BAGUS. Solusinya adalah bongkar rumah kopling, bubut bagian dalamnya, atau kalau gesreknya dikit, gausah dibubut, cukup diamplas saja sampai tidak terjadi gesekan di house koplingnya.

    Berikut foto saya lampirkan. Untuk yang daerah SBY dan sekitarnya bisa datang ke JL. Sembikerep gg 3.
    Nanti malem coba upload video di Youtube tentang cara mengamplas house kopling.
    SEMOGA BERGUNA ☺☺

    KOMENTAR