MotoGP Mugello 2016: Rossi Tak Berniat Buntuti Vinales di Kualifikasi

    MotoGP Mugello 2016: Rossi Tak Berniat Buntuti Vinales di Kualifikasi

    SHARE
    Valentino Rossi, Kualifikasi MotoGP Mugello 2016
    Valentino Rossi, Kualifikasi MotoGP Mugello 2016 (Foto: Yamaha)

    MESINBALAP.com – Valentino Rossi tampil cukup mengesankan di kualifikasi MotoGP Mugello Italia, Sabtu (21/5/2016). Hasil yang memang di luar prediksi, lantaran di semua sesi Free Practice pembalap Yamaha itu tak sekali pun mampu menyodok posisi terdepan di akhir sesi.

    Ketika babak kualifikasi tersisa beberapa menit, Rossi beruntung bisa memanfaatkan teknik slipstream tepat di belakang Maverick Vinales. Tapi sembilan kali juara dunia MotoGP itu mengaku tak ada niat sebelumnya untuk membuntuti Vinales.

    “Aku beruntung di akhir sesi bisa melakukan slipstream di belakang Maverick yang membantuku mencetak pole position. Tapi itu tidak direncanakan sebelumnya, karena kami berdua justru paling telat saat meninggalkan pit agar tidak terjebak lalu lalang pembalap”, ujar Rossi kepada Motorsport.

    “Kurasa hari ini pula Maverick tidak begitu senang aku berada di belakangnya karena jika tidak, dia akan meraih pole position.”

    Vinales mengamini ucapan Rossi bahwa kejadian itu hanya kebetulan semata dan tidak ada rekayasa. Dia memutuskan meninggalkan pit di waktu yang sama seperti Rossi karena ingin menghindari padatnya sirkuit dari pembalap lain.

    “Jika aku start hanya saat lampu hijau, akan banyak pembalap di sekelilingku. Sehingga sangat sulit untuk berkonsentrasi dan mencetak satu lap hingga limit”, kata Vinales.

    Podium Rossi bareng Vinales pasca Kualifikasi MotoGP Mugello 2016
    Rossi berdiri bersama Vinales di podium Q2 GP Mugello 2016 (Foto: Yamaha)

    “Biasanya aku lebih suka mencetak lap sendirian dan dengan Valentino adakalanya aku start sangat telat seperti dia, dan akhirnya kami keluar pit bersama-sama. Jika aku harus mengatakan sesuatu, aku tak ingin ada lalu lalang pembalap lain di depanku.”

    Sedangkan The Doctor mengatakan bahwa Vinales bukan tipe pembalap yang langsung menutup throttle saat dibuntuti pembalap lainnya.

    “Ketika anda berada di trek anda selalu berusaha mengikuti pembalap lainnya, dan saat aku mencoba mengikuti Vinales, ternyata dia bukanlah seorang pembalap yang langsung menutup throttle (untuk memperlambat lajunya) ketika dibuntuti tapi dia justru terus memacu”, puji Rossi.

    KOMENTAR