MotoGP Mugello 2016: Ini Kata Rossi Soal Jebolnya Mesin Yamaha M1

    MotoGP Mugello 2016: Ini Kata Rossi Soal Jebolnya Mesin Yamaha M1

    SHARE
    Mesin Yamaha M1 Rossi jebol di Mugello
    Mesin Yamaha M1 Rossi jebol di Mugello

    MESINBALAP.com – Masih ingat kapan terakhir kali Valentino Rossi juara di Mugello? Sudah sangat lama tentunya dia tak juara di kandangnya. Terakhir kali Rossi juara di Mugello adalah pada tahun 2008 atau tepat 8 tahun yang lalu. Dan hanya dalam waktu 8 lap Yamaha M1 Rossi bertahan di race Mugello.

    Tidak mengherankan jika Rossi kecewa berat, sebab ini balapan kandang baginya dengan banyak fans lokal yang tengah menontonnya. Rossi mengatakan bahwa insiden jebolnya mesin Yamaha M1 kemarin sangat memalukan baginya.

    “Ini sangat memalukan. Malu besar ketika anda mengalami masalah dengan motor saat balapan. Tapi disini lebih malu karena ini Mugello, di hadapan semua orang dan terutama karena aku sangat kompetitif dan sangat cepat”, ucap Rossi kepada Crash.

    The Doctor tampil ciamik sejak kualifikasi MotoGP Mugello dengan raihan pole position. Namun, harapannya untuk juara di GP Mugello pupus sudah. Masalah yang menimpa mesin motornya membuat Rossi harus OUT dari perlombaan.

    “Aku melakukan start bagus, kurasa aku mampu bertarung untuk meraih kemenangan karena aku punya feeling yang sangat bagus dan laju yang sangat baik. Nol poin untuk kejuaraan ini juga sangat berat, karena Lorenzo dan Marquez finish di posisi pertama dan kedua dan sekarang jaraknya tinggi”, terang Rossi yang kini terpaut 37 poin dari Lorenzo.

    “Hal positifnya aku kompetitif sepanjang akhir pekan. Aku kuat dan mampu memperjuangkan kemenangan. Sekarang kami menantikan balapan berikutnya di Montmelo. Ini adalah salah satu trek favoritku dan menurutku kami akan punya potensi yang cukup baik disana.”

    Mesin Yamaha M1 Lorenzo juga jebol di warm-up GP Mugello 2016
    Mesin Yamaha M1 Lorenzo juga jebol di warm-up GP Mugello 2016

    Masalah jebolnya mesin M1 Rossi sebenarnya identik dengan apa yang menimpa Jorge Lorenzo di sesi warm-up. Sama-sama ngebul alias mengeluarkan asap putih tebal dari knalpot, yang lantas membuat JL berhenti jegrek.

    Hal ini bisa sangat menghawatirkan, kenapa? Sebab masalah kegagalan mesin tersebut bisa jadi melekat di semua unit mesin Yamaha M1 2016. Sesuai regulasi, ada 14 unit mesin YZR-M1 2016 yang masing-masing tersedia 7 mesin untuk Rossi dan 7 mesin lainnya untuk Lorenzo.

    Dan Yamaha tentu saja tidak mungkin bisa merevisi mesin M1 di pertengahan musim. Mengingat regulasi MotoGP melarang melakukan pengembangan mesin ketika musim balap berjalan. Kecuali mau nungguin Honda untuk meminta perubahan regulasi ke Dorna… wwkwkwkwk

    KOMENTAR