Makna Honda Supra GTR 150 Grand Touring Cub, Motor Khusus Touring, Top...

    Makna Honda Supra GTR 150 Grand Touring Cub, Motor Khusus Touring, Top Speed 122 KM/Jam

    SHARE
    Honda Supra GTR 150 "Grand Touring Cub"
    Honda Supra GTR 150 “Grand Touring Cub”

    MESINBALAP.com – Embel-embel GTR pada nama Honda Supra 150cc sempat menjadi perdebatan saat bebek super ini belum resmi meluncur. Mengingatkan pada sesosok supercar legendaris Nissan GTR yang memang diracik oleh tangan-tangan ahli (handbuilt) yang Nissan menjulukinya sebagai Takumi di Jepang. Kalau di Indonesia Takumi ini biasa disebut Empu, semisal empu sendok, empu gandring, empuk tante, dll. wkwkwkwkwk

    Namun, Honda Supra GTR 150 ini bukan dilahirkan sebagai motor kencang, walau ada embel-embel GTR. Justru ini motor khusus touring dan itulah kenapa GTR di Supra 150cc ternyata punya makna Grand Touring Cub seperti kata petinggi AHM. Kan memang ini superbebek, bukan supercar. hehehe

    “All-New Supra GTR150 hadir dengan konsep baru Grand Touring Cub, dengan desain unik, nyaman dan untuk dikendarai sehari-hari, tenaga besar. Konsep yang disajikan begitu berbeda dibandingkan dengan motor bebek lainnya”, kata President Director AHM, Johannes Loman, dilansir via detikOto.

    Pesaing Yamaha Jupiter MX King ini dibekali spesifikasi mesin yang sama seperti Honda Sonic 150R, CB150R StreetFire dan All-New CBR150R. Mesin yang memang identik atau bahasa alusnya satu mesin dipakai berjamaah. Sedang transmisi juga 6-speed dengan kopling manual.

    Honda mengklaim mesin 150cc DOHC 4-klep liquid-cooled milik Supra GTR mampu menyemburkan tenaga 15,5 HP (11,6 kW/15,9 PS) pada 9,000 rpm dengan torsi sebesar 13,5 Nm pada 6,500 rpm. Adapun top speednya diklaim tembus 122 km/jam.

    Bebek super GTR juga klaim hemat bahan bakar untuk penggunaan sehari-hari maupun touring. Setiap 1 liter bensin mampu menempuh jarak hingga 42,20 km dalam pengetesan EURO 3 yang dilakukan Honda berdasarkan metode ECE R40. Adapun dalam metode pengetesan EURO 2 tembus 47,41 km/liter.

    KOMENTAR