Berita MotoGP: Over-Rev Diduga Sebabkan Mesin Yamaha M1 Rossi Jebol di Mugello

    Berita MotoGP: Over-Rev Diduga Sebabkan Mesin Yamaha M1 Rossi Jebol di Mugello

    SHARE
    Yamaha M1 Rossi Ngebul di Mugello
    Yamaha M1 Rossi Ngebul di Mugello (Foto: FOX Sports)

    MESINBALAP.com – Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pabrikan Yamaha terkait jebolnya mesin YZR-M1 Valentino Rossi di MotoGP Mugello akhir pekan lalu. Tidak mengherankan sebab kedua mesin tersebut (termasuk juga mesin M1 Lorenzo) kini tengah dikirim ke Jepang untuk diinvestigasi oleh insinyur Yamaha.

    Namun, sebuah sumber dari internal tim Movistar Yamaha membeberkan mengenai penyebab utama kenapa motor Rossi bisa sampai jebol dan berasap di pertengahan lomba. Apa penyebabnya? Sabar baca terus ya. hehe…

    Kepada Motorsport, sang sumber internal tersebut mengatakan bahwa “Over-Rev” kemungkinan menjadi penyebab utama jebolnya mesin Yamaha M1 Rossi dan Lorenzo di Mugello kemarin.

    “Dikombinasikan dengan elektronik tahun ini yang kurang canggih dan kurang akurat, mungkin berdampak dalam memutus pengapian”, beber sang sumber internal Movistar Yamaha yang ogah disebutkan namanya.

    Over-Rev artinya melebihi batas putaran mesin yang dampak buruknya bisa menyebabkan mesin ngebul. Kalau benar begitu, berarti mesin M1 Rossi kemarin berputar terlalu tinggi hingga melebihi batas RPM (Rotation Per Minute). Pantesan cuma tahan 8 lap di Mugello.

    Yamaha M1 Rossi hanya bertahan 8 lap di GP Mugello
    Yamaha M1 Rossi hanya bertahan 8 lap di GP Mugello

    Atau bisa jadi Yamaha M1 kemarin memang diseting dengan limiter RPM lebih tinggi agar mampu mengimbangi Ducati GP16 di trek lurus Mugello? Ahh soal itu mekanik Yamaha tentu lebih tau.

    “Anda juga harus ingat bahwa Valentino melaju di belakang Jorge secara terus menerus (slipstream), yang berarti dia mungkin tidak menerima aliran udara segar untuk mendinginkan mesinnya”, sambungnya.

    Sebetulnya masalah serupa juga pernah dialami Yamaha pada tahun 2012 silam. Jadi ini bukan yang pertama kalinya. Kala itu mesin Yamaha YZR-M1 800cc jebol ketika digeber Ben Spies di pertengahan race MotoGP Indianapolis 2012, yang pada akhirnya memaksanya OUT dari perlombaan.

    Yamaha M1 Ben Spies jebol di MotoGP Indianapolis 2012
    Yamaha M1 Ben Spies jebol di MotoGP Indianapolis 2012

    Saat ini Rossi masih memiliki jatah 4 mesin M1 yang belum digunakan sama sekali alias masih baru. Sedang mesin yang jebol di Mugello kemarin adalah jatah mesin ketiganya.

    Nah mesin ketiga ini pertama kali digunakan Rossi di MotoGP Jerez lalu hingga berbuah juara, lebih tepatnya mulai FP3, FP4, Kualifikasi, Warm-up dan Race. Lalu di Le Mans, doski juga menggunakan mesin ketiganya mulai sesi warm-up hinga race.

    Rossi biasanya menggunakan dua mesin di beberapa sesi Free Practice MotoGP. Keluar ke lintasan sampai dua atau tiga kali, lalu dia ganti mesin yang satunya. Diperkirakan mesin ketiga Rossi saat ini baru digunakan sekitar 500-550 km saja alias masih muda banget umurnya. Kan memang mesin itu baru dipakai di tiga seri, termasuk Jerez, Le Mans dan terakhir di Mugello kemarin.

    KOMENTAR