Mesin Honda dan Yamaha Sama-Sama Bermasalah di MotoGP 2016 – The Story...

    Mesin Honda dan Yamaha Sama-Sama Bermasalah di MotoGP 2016 – The Story of Reliable Engine

    SHARE
    Marquez dan Rossi alami masalah mesin di MotoGP 2016
    Marquez dan Rossi alami masalah mesin di MotoGP 2016

    MESINBALAP.com – Mesin Honda dan Yamaha sama-sama bermasalah di MotoGP 2016? Ya mungkin itu benar. Di era single ECU tahun ini Honda yang awalnya terlihat bermasalah dengan mesin baru RC213V mereka.

    Hal itu terbukti di beberapa seri awal MotoGP 2016. Honda mungkin sengaja mengebiri power RCV. Namun, terlepas dari hal itu, salah satu kelemahan Honda adalah di straight yang membuatnya kedodoran melawan kompetitornya. Disebut-sebut karena efek giroskopik dari sistem kruk as terbalik (reverse-rotating crankshaft).

    Dan seperti yang dibilang Marquez maupun Pedrosa, Honda RC213V sekarang lemah di akselerasi dan top speed jauh berkurang dibanding motor spek tahun lalu. Alhasil Marquez balapan ngeden sampai kepontal-pontal hingga frustrasi. Dan yang bikin dia ngelus dada adalah kalah dari Lorenzo di straight Mugello.

    “Aku merasa frustrasi tapi saat tiba di parc ferme, Shuhei Nakamoto dan semua staf Honda mengucapkan terima kasih atas balapan ini karena mereka tahu kami sedang berjuang keras. Tapi baru kali ini aku kalah di trek lurus, sebelumnya tak pernah mengalaminya”, ujar Marquez.

    Yamaha M1 Ngebul untuk Kesekian Kalinya

    Tapi tunggu dulu…. siapa sangka masalah enjin alias mesin juga menimpa Yamaha? Insiden ini tak disangka sebelumnya, karena mesin inline-4 cylinder M1 diklaim reliable. Tapi sejarah telah mencatat bahwa mesin M1 pernah mengalami masalah serupa di tahun 2007 dan 2012 silam.

    Battle Lorenzo vs Rossi berakhir ngebul di Mugello, meski salah satunya juara
    Battle Lorenzo vs Rossi berakhir ngebul di Mugello, meski salah satunya juara

    Sontak saja Valentino Rossi langsung terdunduk lesu selepas ngebulnya mesin Yamaha M1. Bahkan tak ada lagi cuap-cuap asam pedas manis dari seorang The Doctor pasca balapan Mugello. Sedang fans Rossi langsung melongo kala melihat mesin M1 ngebul. Alhasil pencet tombol OFF deh di remote TV. hahahaha….

    “Sialan ini memalukan sekali. Di lap keenam motor itu mulai bermasalah dan koplingnya tak mau dilepas. Itulah sebabnya kenapa lajuku melebar. Tapi di tikungan 7-8 aku sudah membuntuti Lorenzo lagi karena aku sedikit lebih cepat tapi setelah itu mesinnya jebol”, papar Rossi yang memang dongkol sedongkol-dongkolnya karena masalah enjin.

    Namun, pabrikan Garpu Tala masih tutup mulut mengenai penyebab ngebulnya mesin Yamaha M1. Membuat isu liar semakin berkembang… apakah material mesin Yamaha M1 2016 memang bersamalah? Who knows?

    KOMENTAR