Berita MotoGP: Yamaha Beberkan Penyebab Jebolnya Mesin M1, Katanya ECU Konslet

    Berita MotoGP: Yamaha Beberkan Penyebab Jebolnya Mesin M1, Katanya ECU Konslet

    SHARE

    Yamaha M1 Rossi Jebol di MugelloMESINBALAP.com – Setelah hampir dua Minggu menginvestigasi mesin Yamaha M1 yang jebol di MotoGP Mugello lalu, pabrikan Garpu Tala akhirnya buka suara. Sebelumnya banyak spekulasi bermunculan terkait ngebulnya mesin M1, termasuk diantaranya soal material mesin.

    Namun, apa kata pabrikan Yamaha? Kouji Tsuya selaku Project Leader Yamaha YZR-M1 2016 membeberkan panjang lebar kepada laman Official MotoGP. Menurutnya bukan karena masalah material mesin, melainkan karena konsletnya Electronic Control Unit (ECU) yang pada akhirnya membuat mesin M1 over-rev atau melampaui limiter RPM.

    Wah kok bisa terjadi konsleting pada ECU Magneti Marelli? Setelah ECU konslet, rev-limiter pun ikutan konslet, lalu setelah itu terjadilah pengasapan di Mugello. hehe… Adapun sebab musababnya, berikut kata Kouji Tsuya:

    “Setelah mengalami masalah teknis di Mugello, dua mesin yang cacat itu dikembalikan ke markas YMC untuk diinvestigasi. Sesuai investigasi mendetail kami terhadap mesin itu, (berkat) data telemetri dan sistem yang terkait kami menemukan penyebab kerusakan tersebut”, buka Kouji Tsuya.

    Yamaha menegaskan bahwa tidak ada cacat struktural pada komponen mesin M1 maupun materialnya. Mereka yakin bahwa ECU Magneti Marelli lah yang patut disalahkan atas terjadinya insiden ngebul tersebut.

    “Kerusakan tersebut disebabkan karena masalah elektronik yang berkaitan dengan Rev Limiter, hingga pada akhirnya menyebabkan klep dan piston rusak. Penyebab jebolnya mesin Jorge dan Valentino adalah sama. Agar lebih jelas bahwa tidak ada cacat secara struktural pada komponen mesin. Itu murni karena masalah kontrol elektronik (ECU)”, sambung Tsuya.

    Karena yang bermasalah software ECU Magneti Marelli, maka dari itu Yamaha tak akan mengutak-atik atau memodifikasi sisa mesin M1 untuk musim ini.

    “Kami mengerti masalah elektronik menyebabkan terjadinya kegagalan mesin di Mugello. Karenanya kami tak perlu campur tangan dengan sisa mesin yang belum disegel. Kami masih punya cukup mesin untuk musim ini. Kami telah menyusun tindakan pencegahan, jadi kami yakin bahwa kegagalan di Mugello tidak akan terulang kembali”, papar Project Leader M1 itu.

    KOMENTAR