Yamaha: Mesin Rossi Jebol Karena Over-Rev di Trek Lurus Mugello, Rev Limiter...

    Yamaha: Mesin Rossi Jebol Karena Over-Rev di Trek Lurus Mugello, Rev Limiter Kacau

    SHARE

    Yamaha M1 Rossi ngebul di MugelloMESINBALAP.com – Dugaan terjadinya over-rev mesin Yamaha M1 di Mugello akhirnya terbukti benar. Yamaha mengamini itu! Motor YZR-M1 yang digeber Valentino Rossi berperilaku nyeleneh, hingga melampaui batas putaran mesin.

    Kata Yamaha, setingan rev limiter M1 kacau di Mugello, kendati tak ada pemetaan khusus untuk elektroniknya. Untuk itulah Yamaha M1 ngebul di Mugello karena rev limiter konslet?

    “Jebolnya mesin Valentino disebabkan karena terjadi over rev saat akselerasi dengan throttle terbuka penuh di penghujung trek lurus. Kegagalan mesin ini tidak ada kaitannya dengan kesalahan yang dilakukan Valentino di tikungan San Donato di lap sebelumnya”, ucap Project Leader Yamaha M1, Kouji Tsuya.

    “Tidak ada setingan pemetaan khusus yang digunakan di Mugello, kami menggunakan pemetaan yang sama persis seperti biasanya. Kini kami sudah menarik kedua mesin tersebut dari alokasi mesin untuk musim ini.”

    Yamaha bersikukuh bahwa mesin M1 yang handal tidak mungkin bermasalah. Namun, mereka mengaku menggunakan setingan rev limiter yang sama seperti musim lalu. Artinya setingan rev limiternya sama persis seperti sebelum menggunakan ECU Magneti Marelli.

    “Kami punya sejarah yang kuat soal kehandalan mesin dan fakta ini tidak berubah pasca kejadian itu. Mesin tidak bermasalah, tapi kami tak menyadari adanya perbedaan perilaku dari software ECU standar yang membuat kerja rev limiter menjadi yang berbeda dibanding tahun lalu”, sambung Tsuya.

    “Kami mengatur rev limiter menggunakan data tahun lalu dengan cara yang sama persis seperti yang kami lakukan tahun lalu. Tapi mungkin kami tidak menyadari bahwa software (ECU tunggal) bekerja dengan cara yang berbeda.”

    “Mesin Valentino adalah yang paling baru dari tiga unit yang disegel sejauh ini dari jatah mesinnya. Karena itu setelah kegagalan mesin Jorge di sesi warm-up tidak ada alasan untuk menggantinya. Selain itu, kami tidak bisa mengetahui masalah elektronik di mesin Jorge dalam waktu yang singkat.”

    “Mugello adalah salah satu sirkuit yang paling kritikal karena mencapai puncak dengan throttle terbuka penuh di trek lurus dan RPM mesin menjadi lebih tinggi. Kami belajar dari insiden ini dan sudah memodifikasi setingan rev limiter, sehingga bakal OKE di Catalunya. Sebagai tindakan pencegahan, mesin lain yang digunakan Valentino dan Jorge di Mugello hanya akan digunakan untuk sesi latihan, sampai siklus hidup mereka tamat.”

    KOMENTAR