Jelang Race MotoGP Catalunya 2016: Rossi Tolak Perubahan Layout Sirkuit, Katanya Menguntungkan...

    Jelang Race MotoGP Catalunya 2016: Rossi Tolak Perubahan Layout Sirkuit, Katanya Menguntungkan Honda

    SHARE

    Valentino Rossi, Kualifikasi MotoGP Catalunya 2016MESINBALAP.com – Valentino Rossi bersikeras menolak perubahan layout sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol. Seperti diketahui perubabahn layout ini dilakukan Komisi Keselamatan MotoGP pasca insiden kecelakaan tragis yang menimpa pembalap Moto2 Luis Salom.

    Soal perubahan tikungan ke-12 Catalunya tak masalah bagi Rossi. Dia mengaku kalau sebetulnya sudah mengingatkan Komisi Keselamatan MotoGP untuk merombak tikungan ke-12 sejak 6 tahun yang lalu.

    “Aku ingat betul, kami sudah berbicara soal Tikungan 12 dengan Komisi Keselamatan MotoGP sejak enam tahun lalu dan setelah kecelakaan Antonelli. Kami bilang bahwa kami perlu area lebih disana. Tikungan 12 merupakan titik berbahaya. Kami tau itu sebab dua tahun lalu Niccolo Antonelli kecelakaan disana. Untungnya dia tidak mendapat cidera fisik”, ujar Rossi via Crash.

    “Seperti di balapan lainnya, kami selalu butuh area lebih. Tapi terkadang hal ini tak mungkin, di sirkuit lain itu mustahil. Mereka memasang pagar tambahan tapi mereka mengatakan kepada kami tidak mungkin menambah area lebih disana. Tapi ini tak hanya di Barcelona. Sebab di Jerez juga ada setelah tikungan terakhir.”

    Namun, masalah jadi melebar lantaran tikungan ke-10 Catalunya juga ikutan dirombak yang disebut-sebut merugikan Yamaha dan malah menguntungkan Honda. Ini kata Rossi masalahnya dibesar-besarkan oleh Komisi Keselamatan MotoGP pasca kecelakaan mengerikan yang dialami Niccolo Antonelli pada musim 2014 lalu.

    Valentino Rossi, MotoGP Catalunya 2016

    Sayangnya Rossi sendiri juga salah lantaran tak mau ikut rapat dengan Komisi Keselamatan MotoGP.

    “Jujur aku tak paham kenapa mereka merombak tikungan lainnya yang tidak terjadi apa-apa disana. Ini sangat gak jelas dan aku gak ngerti kenapa, tapi disisi lain aku tak ikut rapat dengan Komisi Keselamatan MotoGP. Aku menerima keputusan itu, jadi kami akan balapan dalam kondisi seperti ini”, sambung Rossi.

    “Untuk Tikungan 10 seharusnya tidak dirubah. Kalau begitu ya minimal 20 atau 30 tikungan (yang dirombak) selama satu musim. Bagiku lebih baik satu tikungan lainnya dirubah juga.”

    Layout baru sirkuit Catalunya 2016 bergaya lintasan F1
    Layout baru sirkuit Catalunya 2016 bergaya lintasan F1

    Sementara di sisi yang lain, Rossi bersikukuh bahwa kecelakaan yang menimpa Luis Salom itu karena masalah teknis pada motornya. Kata Rossi itu mungkin karena remnya atau selongsong gasnya bermasalah.

    “Kecelakaan Salom tidak normal. Jika anda melihat kecelakaan itu, sayangnya sesuatu telah terjadi pada motornya. Aku tidak tahu, mungkin stangnya, selongsong gas atau remnya yang bermasalah”, papar Rossi yang bakal start dari posisi 5 saat lomba nanti.

    “Seperti inilah realitanya, sayangnya sesuatu yang sangat buruk bisa terjadi dan mengingatkan kami akan resiko olahraga ini. Itu merupakan kecelakaan dan masalah yang berbeda. Sepanjang musim anda bisa mengalaminya jika sesuatu terjadi pada motor tidak ada cukup ruang (menghindari kecelakaan).”

    KOMENTAR