MotoGP Catalunya 2016: Tolak Perubahan Sirkuit, Lorenzo Tuding Ada Rapat Khusus

    MotoGP Catalunya 2016: Tolak Perubahan Sirkuit, Lorenzo Tuding Ada Rapat Khusus

    SHARE

    Jorge Lorenzo, MotoGP Catalunya 2016MESINBALAP.com – Jorge Lorenzo mengaku kecewa atas perubahan layout lintasan Catalunya. Kecewa lantaran menurutnya dia tak dikasih kabar apapun soal rapat. Katanya tak ada SMS maupun telpon dari Dorna yang mengajaknya rapat bersama.

    Ada beberapa pembalap papan atas yang tak ikutan rapat, seperti Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa dan Maverick Vinales. Namun, Rossi dan Lorenzo yang paling lantang menyuarakan protes.

    “Setelah apa yang terjadi kemarin, Komisi Keselamatan MotoGP memutuskan untuk merombak tikungan bersama beberapa pembalap. Aku tidak hadir disana, sebagai juara dunia dan pemimpin klasemen. Tapi aku tidak menerima kabar apapun”, ucap Jorge.

    “Aku tak paham kenapa 21 pembalap tidak hadir bersama-sama untuk mengambil keputusan penting seperti ini. Untuk merubah layout lintasan setelah hari Jumat. Kecewa tapi ya sudah beginilah.”

    Lorenzo sempat menyebut-nyebut itu rapat khusus karena tragedi Salom. Tapi dirinya berujar seharusnya tim-tim di MotoGP juga diberi kesempatan untuk menyuarakan pendapatnya dalam rapat.

    “Kami semua biasanya diberikan pilihan untuk pergi ke Komisi Keselamatan. Tapi kemarin itu rapat khusus (karena tragedi Salom). Juga Komisi Keselamatan biasanya bertemu di kantor Dorna dan kemarin dipindah ke Tikungan 12. Aku tidak tahu apa yang terjadi di kawasan tersebut”, papar Lorenzo.

    Layout baru sirkuit Catalunya 2016 bergaya lintasan F1
    Layout baru sirkuit Catalunya 2016 bergaya lintasan F1

    “Dani dan Valentino juga tidak hadir. Bagiku seharusnya itu prosedur yang normal, mengkomunikasikan dalam rapat khusus guna mengambil keputusan yang penting. Tidak hanya para pembalap tapi juga tim harus diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapat mereka.”

    Kini dengan layout baru, sirkuit Catalunya menjadi mirip seperti lintasan F1. Perombakan terjadi di sekitar tikungan 10 dan 12. Kata Lorenzo itu lebih menguntungkan pembalap Honda.

    “Dengan kondisi seperti ini kami harus berusaha mendapatkan hasil terbaik. Tak mudah bagi kami sebab tikungannya butuh gigi satu. Sedang untuk motor kami itu bukan yang terbaik. Tapi itu lebih banyak menguntungkan Honda”, sambungnya.

    “Tapi keselamatan sangat penting. Bagiku Tikungan 12 seharusnya dirubah sejak lama. Karena kami butuh lebih banyak kerikil untuk menghentikan motor dan pembalap (saat terjatuh). Tapi Tikungan 10 bagiku tak layak dirubah.”

    KOMENTAR