MotoGP Catalunya 2016: Soal Rasa Hormat, Espargaro Sesalkan Sikap Rossi

    MotoGP Catalunya 2016: Soal Rasa Hormat, Espargaro Sesalkan Sikap Rossi

    SHARE

    Pol EspargaroMESINBALAP.com – Kecelakaan tragis yang menimpa Luis Salom berbuntut panjang di Grand Prix Catalunya, Barcelona, Spanyol, akhir pekan ini. Buntut panjang itu jelas perubahan layout sirkuit yang ujung-ujungnya jadi perdebatan bagi sejumlah pembalap MotoGP.

    Valentino Rossi yang diketahui tidak menghadiri rapat malah memprotes keras keputusan Panitia Keselamatan MotoGP. Hal ini membuat pembalap satelit macam Pol Espargaro menyesalkan sikap The Doctor itu. Maklum saja Espargaro bersaudara ini sempat menangis kala tau Salom tewas.

    “Kita bisa mengatakan apa yang ingin kita katakan. Tapi (pembalap) Moto2 dan Moto3 tidak punya kesempatan itu. Kita adalah wajah mereka, kita harus menghormati mereka”, ujar Espargaro calon joki KTM yang ceplas-ceplos, dilansir dari Crash.

    Sejak insiden Sepang Clash, Rossi dikabarkan tak pernah ikut rapat dengan Komisi Keselamatan MotoGP. Entah apa alasan doi tapi menurut pembalap Tech 3 itu Rossi masih belum bisa melupakan tragedi Sepang Clash.

    “Apa yang terjadi di Malaysia dengan Marquez? Fuck, dia (Rossi) tidak bisa melupakannya. Aku pernah mengalami seperti itu di masa lalu dan aku paham situasinya. Tapi kali ini sangat penting dan kemarin satu orang tewas. Jika ada satu hari yang mengharuskan anda untuk pergi ke Komisi Keselamatan seperti kemarin itu karena menyangkut rasa hormat”, sambungnya.

    Valentino Rossi, Free Practice MotoGP Catalunya 2016
    Valentino Rossi, Free Practice MotoGP Catalunya 2016

    “Aku berharap bisa berdiskusi dengan semua pembalap. Kami hadir dan kami mengatakan kata-kata buruk disana. Seperti sebuah bar, kami mengucapkan hal-hal seperti, ‘Kamu bodoh, mengapa anda pergi ke sana?’ Tapi berbicara bersama-sama adalah cara untuk memperbaiki keadaan. Kami butuh banyak orang, bahkan jika apa yang anda katakan adalah hal-hal bodoh. Kami membutuhkan semua pembalap di MotoGP.”

    Sementara Cal Crutchlow mengaku tidak terjekut jika ada beberapa pembalap tidak menghadiri rapat pada hari Jum’at, termasuk Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa.

    “Tidak terlalu mengejutkan. Mungkin pembalap yang tidak pernah hadir adalah orang-orang mengeluh di akhir hari. Komisi Keselamatan terbuka bagi kelas lainnya tapi aku belum pernah melihat salah satu dari mereka datang”, kata Crutchlow.

    “Setiap kali anda mengambil keputusan, maka seseorang akan mengeluh tentang hal itu, jika mereka tidak berada disana untuk berdebat atau menyuarakan pendapat. Tapi jangan salah paham, aku beberapa kali juga tidak hadir, mungkin ketika sakit. Tapi kebanyakan yang datang adalah orang yang sama. Bisa dibilang bahwa selama bertahun-tahun ada pembalap tertentu yang tidak pernah hadir dalam rapat.”

    KOMENTAR