Berita MotoGP: Performa Honda RC213V Makin Memburuk, Pedrosa Salahkan Marquez

    Berita MotoGP: Performa Honda RC213V Makin Memburuk, Pedrosa Salahkan Marquez

    SHARE
    Dani Pedrosa, Repsol Honda
    Dani Pedrosa, MotoGP Catalunya 2016 (Foto: Box Repsol)

    MESINBALAP.com – Performa Honda RC213V yang makin memburuk di MotoGP musim ini ternyata membuat Dani Pedrosa berang. Hasil pengembangan yang memang jauh di luar ekspektasi insinyur HRC dan semua pembalap Honda.

    Honda memutuskan untuk menggunakan counter-rotating crankshaft pada mesin RC213V sejak pengujian musim dingin akhir tahun lalu. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah Honda menggunakan sistem kruk as terbalik mengikuti kompetitornya di era MotoGP modern.

    Namun, keputusan tersebut justru membuat performa Honda RC213V makin memburuk di musim ini, kendati insinyur HRC bilang masih ada ruang untuk perbaikan. Sementara Pedrosa sendiri mengaku tidak dilibatkan dalam pengembangan mesin baru tersebut. Katanya itu murni permintaan Marc Marquez, sedang dia tak punya andil dalam mengambil keputusan.

    “Pada akhirnya kami tak punya banyak spesifikasi mesin. Tapi jika kami punya pilihan lain, aku tidak akan memilih mesin yang satu ini. Saat kami memilih motor itu aku tahu bakal sangat kesulitan. Aku sudah tahu bagaimana memperlakukan motor itu pada bulan November (Tes Valencia). Tapi begitulah adanya”, ujar Pedrosa kepada Motorsport.

    Pedrosa seakan juga menyalahkan Marquez karena menyebabkan penampilannya makin buruk di musim ini. Menurutnya RC213V spek 2016 khusus dikembangkan sesuai arahan Marquez alias gak cocok buat pembalap Honda lainnya, termasuk tim satelit.

    Dani Pedrosa, Repsol Honda
    Pedrosa berjibaku di barisan belakang (Foto: Box Repsol)

    “Yang memilih motor itu adalah Marquez, aku tidak dilibatkan. Saat ini dia mampu bersaing di depan dan dia layak untuk itu. Dia suka dengan motor itu, dia mampu beradaptasi lebih baik, sementara aku kesulitan. Jelas sekali, anda bisa melihatnya dalam hasil lomba dan cara kami mengendarai motor itu”, lanjutnya.

    Agaknya Pedrosa sakit hati karena Honda pada saat ini lebih menganak-emaskan Marquez. Mungkin dia lupa bahwa Honda pernah mendesain RC212V pada musim 2007 lalu yang sesuai postur tubuhnya. Tapi apa hasilnya? Bahkan itu Honda RC212V 800cc generasi pertama yang ukurannya mini dan tak cocok buat pembalap lain macam Nicky Hayden yang habis jurdun.

    Dani Pedrosa, Honda RC212V 2007
    Dani Pedrosa, Honda RC212V 2007

    “Anda harus memikirkan tim, jangan hanya diri anda sendiri. Jika anda melihat pembalap Honda lainnya, mereka berada jauh di belakang dibanding dua atau tiga tahun yang lalu ketika (Honda) masih punya Stefan Bradl atau Alvaro Bautista yang mampu finish keempat atau kelima”, sembur Pedrosa.

    “Sekarang mereka (pembalap satelit Honda) berada di posisi 10 dan bahkan terlempar jauh ke belakang. Jadi kami harus berusaha agar tim lain bisa beradaptasi juga.”

    KOMENTAR