Analisa Klotok-Klotok pada Mesin All-New Honda CB150R dan Sonic, Ternyata Bukan Tensioner...

    Analisa Klotok-Klotok pada Mesin All-New Honda CB150R dan Sonic, Ternyata Bukan Tensioner Penyebabnya

    SHARE

    Analisa Klotok-Klotok pada Mesin All-New Honda CB150R dan Sonic, Ternyata Bukan Tensioner PenyebabnyaMESINBALAP.com – Kaget bukan kepalang saat membaca postingan bro Mochamad Burhanudin yang dishare di Grup All-New Honda CB150R Riders dan HAN’S OTOTRONIC. Om Burhan yang memang punya workshop di Surabaya itu memberikan analisa cukup mendalam mengenai penyebab klotok-klotok pada mesin Honda Sonic 150R maupun All-New CB150R StreetFire.

    Seperti diketahui, sebelumnya piranti Lifter Assy Tensioner (LAT) yang diduga kuat menjadi biang keladi munculnya suara klotok-klotok dari mesin DOHC New CB150R dan Sonic. Tensioner itu juga yang dituding menyebabkan mesin Sonic dan NCB jadi bersuara kasar. Alhasil banyak yang memutuskan ganti tensioner Karisma 125, termasuk yang nulis ini. wkwkwkwk…

    Singkat cerita dulu penulis juga sempat curhat ke temen mekanik yang kerja di AHASS mengenai klotok-klotok itu. Ehh malah disarankan ganti oli yang lebih kental. Padahal sudah pakai Motul 5100 yang harganya nyaris tiga kali lipat dari oli standard pabrik. Ya sudah lah. hehehe

    Adapun menurut analisa bro Burhanudin, ternyata masalah klotok-klotok tersebut bukan berasal dari piranti tensioner. Sedang doski mengaku sudah mengalaminya pada tiga unit motor konsumennya, dua diantaranya NCB dan sisanya Sonic.

    Lantas dari mana pangkal permasalahan sebenarnya? Is engine assembly Issues??? Oke langsung saja simak hasil analisa beliau berikut ini. Wah dapat ilmu baru lagi nih bro… hehehe

    By ‎Mochamad Burhanudin

    NEW CB dan SONIC klotok-klotok, JANGAN ASAL GANTI LIFTER TENSIONER kalo nggak ingin suara klotok-klotok muncul lagi.

    Awal cerita saya mulai dari salah satu konsumen saya yang mengeluh suara Honda Sonic-nya kasar bin klotok klotok.

    Penangan pertama saya hanya stel ulang lifter tensioner agar lebih kuat menekan camchain, alhasil suara kasar hilang seketika. Selang beberapa minggu suara kasar itu muncul lagi.

    Sehingga saya sarankan untuk mengganti LIFTER TENSIONER punya Honda Kharisma yang konon pegasnya lebih kuat dari New Sonic. Memang benar suara mesin menjadi lebih halus dari standart Sonic. Eh tapi itu bukan solusi, beberapa hari kemudian suara muncul lagi bikin tambah mumet. 

    Analisa Klotok-Klotok pada Mesin All-New Honda CB150R dan Sonic

    Sehingga saya putuskan untuk membongkar area silinder head. Pengecekan saya mulai dari pengukuran celah klep yang celahnya tidak wajar.

    IN A : 0.3 mm
    IN B : 0.25 mm
    EX A : 0.4MM
    EX B : 0.35 MM
    Waw jauh di atas celah yg dianjurkan.

    Lanjut saya buka baut penutup camshaft-nya… Oh ternyata torsi pengencangan dari 8 baut camshaft tidak merata, ada yang kendor ada yang kenncang. Dari sini dapat saya simpulkan penyebab utama dari kasus klotok-klotok adalah baut penutup camshaft kendor, sehingga chamshaft bisa bergerak bebas naik turun dari dudukannya.

    OK FIX ketemu penyakitnya. Untuk memaksimalkan peformance langkah selanjutnya adalah penyetalan ulang celah klep dengan penggantian shim sehingga celah menjadi:

    In : 0.15 mm
    Ex : 0.25 mm

    Dari kejadian diatas dapat saya simpulkan, penyebab utama klotok-klotok ialah torsi pengencangan penutup camshaft tidak merata. Lifter tensioner hanyalah part terkait akibat longgarnya camshaft dari dudukannya. Jadi jangan mengkambing hitamkan LIFTER TENSIONER!

    Sumber: Grup NCB & HAN’S OTOTRONIC

    KOMENTAR