Nih Daftar Pabrikan Motor yang Paling Sering Melakukan Recall

    Nih Daftar Pabrikan Motor yang Paling Sering Melakukan Recall

    SHARE
    Yamaha R1M
    Yamaha R1M

    MESINBALAP.com – Kata recall disebut-sebut menjadi sesuatu yang sangat menakutkan. Ya itu benar, tapi mungkin menakutkan buat para sales? hehehe… Memang ada satu sisi dimana recall dipandang negatif, namun disisi lain dipandang positif oleh segelintir kalangan konsumen.

    Sisi negatifnya karena produk yang direcall pabrikan itu bisa-bisa dicap konsumen sebagai produk gagal dan tak layak jual. Sedangkan sisi positifnya mungkin konsumen akan merasa beruntung karena ada tanggung jawab dari pabrikan yang bersangkutan untuk memperbaiki atau mengganti komponen tunggangannya yang terindikasi cacat. Ingat “Recall is Free” alias gratis dan tidak dipungut biaya sepeser pun.

    Recall di luar dunia merupakan sesuatu yang sangat umum terjadi dan paling sering melanda industri otomotif roda empat. Amerika dan Eropa sudah langganan bro. Namun, kita tidak akan membahas lebih jauh soal itu. Next time ya.

    Oh ya ngomong-ngomong pabrikan motor mana kah yang paling sering melakukan recall terhadap produknya? Berikut ini penulis sajikan daftar 10 pabrikan sepeda motor yang paling sering me-recall produknya dalam satu dekade terakhir. Artikel bersumber dari Visordown. Nah coba tebak, pabrikan pujaanmu masuk posisi berapa bro? hehehe

    1. Yamaha

    Dalam 10 tahun terakhir, pabrikan Jepang yang satu ini menduduki posisi terdepan untuk urusan recall. Cukup mengejutkan karena Yamaha tercatat sudah 49 kali me-recall produknya dalam kurun waktu tersebut. Salah satu recall terbesar Yamaha di masa silam disebabkan masalah cacat sensor throttle dari salah satu produknya. Mengakibatkan 14.384 unit model sepeda motor Garpu Tala ditarik dari peredaran di Inggris.

    Recall Yamaha YZF-R1 2015 karena masalah gearbox
    Recall Yamaha YZF-R1 2015 karena masalah gearbox

    Sekarang recall melanda Yamaha YZF-R25, MT-25, YZF-R25A, YZF-R3A dan MT-320. Total recall mencapai 15.072 unit di pasar domestik Jepang dan 20.000 unit di Indonesia. Jumlah recall ini tentu cukup banyak, namun itu belum mencakup jumlah recall dari negara lain seperti Malaysia misalnya.

    2. BMW

    Pabrikan yang cukup tersohor di industri otomotif roda empat ini rupanya pernah melakukan 44 kali recall terhadap produk sepeda motornya dalam satu dekade terakhir. Recall terbesar BMW diakibatkan oleh cacat pada pinggiran velg belakang.

    BMW R1200GS Adventure 2010 direcall karena velg belakang cacat
    BMW R1200GS Adventure 2010 direcall karena velg belakang cacat

    Mengakibatkan lebih dari 43 ribu unit model sepeda motor BMW di seluruh dunia (produksi November 2003 – April 2011) ditarik dari pasar. Dalam recall tersebut, pabrikan Jerman tersebut mengganti velg belakang alumunium dengan velg alternatif berbahan baja.

    3. Kawasaki

    Kawasaki Ninja ZX-10R 2012 direcall karena masalah regulator dan kebocoran oli mesin
    Kawasaki Ninja ZX-10R 2012 direcall karena masalah regulator dan kebocoran oli mesin

    Kawasaki menjadi pabrikan Jepang kedua setelah Yamaha yang paling banyak me-recall produknya dalam kurun 10 tahun terakhir. Masalah regulator membuat Kawasaki harus menarik 3.656 unit moge ZX-10R di Inggris pada tahun 2012 silam. Produsen motor Jepang yang satu ini tercatat melakukan recall sebanyak 37 kali selama dekade terakhir.

    4. Honda

    Recall Honda CBR1000RR SP 2015 karena masalah suspensi Ohlins TTX36
    Recall Honda CBR1000RR SP 2015 karena masalah suspensi Ohlins TTX36

    Jika ada yang bilang Honda tidak pernah recall, mungkin dia kurang piknik. hehehe… Musuh bebuyutan Yamaha ini kedapatan sudah 33 kali jadi tukang recall selama sepuluh tahun terakhir. Menurut Visordown, Honda pernah me-recall 10.600 unit motor di Inggris dalam satu dekade terakhir karena masalah starter relay switch. Tapi tentu saja ini jumlah yang jauh lebih sedikit dibanding recall Yamaha.

    5. Ducati

    Ducati Multistrada 1200S 2015 direcall akibat cacat throttle gas
    Ducati Multistrada 1200S 2015 direcall akibat cacat throttle gas

    Merek ternama asal Italia ini menduduki peringkat kelima dalam urusan recall. Hanya 32 kali recall yang dilakukan Ducati dalam sepuluh tahun terakhir. Tahun lalu pun Ducati tercatat menarik 2.605 unit varian Multistrada 1200S karena masalah throttle gas.

    6. Triumph

    Triumph Daytona 675R 2015 direcall akibat cacat shock belakang
    Triumph Daytona 675R 2015 direcall akibat cacat shock belakang

    Pabrikan motor kebanggaan warga Inggirs ini tak banyak bicara soal recall. Namun, sebanyak 8.595 unit motor buatan Triumph pernah terkena recall pada 2012 silam. Sedangkan total recall Triumph mencapai 29 kali dalam 10 tahun terakhir.

    7. Harley-Davidson

    Recall Harley-Davidson Ultra Limited Low 2015 di Amerika karena masalah sistem kopling
    Recall Harley-Davidson Ultra Limited Low 2015 di Amerika karena masalah sistem kopling

    Peringkat ketujuh dihuni oleh Harley-Davidson, sang produsen motor asal Amerika yang ogah-ogahan jualan mocil seperti pabrikan Jepang. Tercatat hanya 28 kali recall yang dilakukan Harley-Davidson di Inggris selama satu dekade terakhir. Sementara jumlah produk HD yang terkena recall tak sampai 2 ribu unit. Itu pun cuma karena masalah saklar lampu rem pada tahun 2011 silam.

    8. Suzuki

    Jangan kaget jika posisi ke-8 ditempati pabrikan motor yang satu ini. Yap, Suzuki hanya melakukan 23 kali recall saja selama sepuluh tahun terakhir. Menempatkannya sebagai produsen sepeda motor terbaik dari jajaran Big four Japanese manufacturer. Disebut terbaik disini karena jarang minta recall.

    Recall Suzuki GSX-R1000 karena cacat master silinder rem
    Recall Suzuki GSX-R1000 karena cacat master silinder rem

    Untuk itulah fans Suzuki boleh berbangga karena merek pujaannya jarang melakukan recall dibanding produk sesembahan FBH, FBY dan FBK. hehehe…. Tapi tunggu dulu bos, itu 29.422 unit Suzuki GSX-R kena recall kok dalam satu dekade terakhir karena cacat pada master silinder rem.

    9. Piaggio

    Dengan suaranya yang khas terongtong-terontong itu, siapa sih yang gak kenal Vespa bro? hehehe… Huss jangan lagi bilang terongtong karena Vespa ini motor jempolan. Buktinya sang pembuat yakni Piaggio jarang sekali melakukan recall produk.

    Piaggio Vespa PX
    Piaggio Vespa PX

    Bahkan dalam sepuluh tahun terakhir, hanya 16 kali recall yang dilakukan pabrikan motor asal Italia tersebut. Itupun hanya karena masalah sepele yakni tali pengaman jok yang terlalu longgar. Mengakibatkan 2.687 unit Vespa PX terkena recall.

    Disamping terlalu longgar, tali pengaman jok tersebut juga beresiko copot di tengah jalan. Bayangin deh kalo joknya tiba-tiba copot? wkwkwkwk…

    10. Aprilia

    Aprilia RSV1000R 2006
    Aprilia RSV1000R 2006

    Inilah pabrikan motor di dunia yang paling jarang terkena recall dalam 10 tahun terakhir. Bahkan hanya 13 kali recall saja yang dilakukan Aprilia sejauh ini. Reputasi anak perusahaan Piaggio ini memang tidak diragukan di pasar Eropa. Recall terbesar Aprilia tercatat hanya melanda sekira 1.892 unit moge superbike RSV1000R pada tahun 2006 lalu. Penyebabnya karena swingarm bawaan pabrik yang terindikasi gampang retak.

    Sumber: Visordown

    KOMENTAR