Penjualan Seret, Honda CBR600RR Segera Disuntik Mati

    Penjualan Seret, Honda CBR600RR Segera Disuntik Mati

    SHARE
    Honda CBR600RR
    Honda CBR600RR

    MESINBALAP.com – Kabar duka kini datang dari pabrikan sepeda motor paling tersohor di Jepang. Berdasarkan laporan Motorcyclenews (MCN), Honda akan segera menyuntik mati sang supersport legendaris CBR600RR yang aura harumnya tersebar di seluruh penjuru bumi.

    Tentu saja ini kabar yang sangat mengejutkan bagi sportbike enthusiast pada umumnya. Namun, itu tidak mengherankan bagi negara-negara di kawasan benua Eropa yang mulai tahun depan menerapkan regulasi Euro4.

    Lalu apa kaitannya dengan Honda CBR600RR? Nah supersport 600cc ini rupanya tidak lolos regulasi Euro4 dalam hal standar emisi gas buang dan tingkat kebisingan suara. Sementara undang-undang Euro4 sendiri akan mulai disahkan di Eropa pada 1 Januari 2017 mendatang.

    Di lain pihak, CBR600RR saat ini tak lagi banyak diminati di pasar Internasional khususnya Eropa yang mengakibatkan penjualannya terjun bebas. Nah dua hal inilah yang akhirnya membuat Honda berpikir ingin menghentikan produksi CBR600RR untuk selamanya.

    Honda CBR600RR - Foto 3

    Sedihnya lagi Honda tidak akan menelurkan suksesor alias pengganti bagi CBR600RR. Karena hasil jualan CBR600RR ini tak cukup buat modal pengembangan model penggantinya. Dengan kata lain, keuntungannya sedikit dari penjualan supersport itu. Jadi ngapain juga bikin baru, lawong yang ini saja gak laku.

    “Ini bukan sebuah keputusan yang gampang dilakukan bagi beberapa orang di Honda karena CBR600 merupakan motor yang sangat penting bagi perusahaan selama bertahun-tahun. Namun, kenyataannya model ini tidak mampu terjual dalam jumlah yang diperlukan agar layak mengembangkan model lainnya”, ujar sumber internal Honda Jepang kepada MCN.

    Honda CBR600RR - Foto 4

    Pengembangan supersport 600cc macam Honda CBR600RR ini identik dengan superbike 1000cc, katakanlah CBR1000RR. Nah Honda disebut-sebut terhambat dengan biaya pengembangan CBR600RR yang ternyata nyaris setara dengan biaya pengembangan CBR1000RR.

    Development yang juga sama kompleksnya dengan Honda CBR1000RR, sementara konsumen menuntut lebih pada CBR600RR, termasuk dalam hal piranti elektronik terbaru. Tapi konsumen ogah kalau harganya kemahalan. Loh lak diatur ngene yo mesti benjut bos. hahaha… Alhasil pabrikan hanya bisa meraup keuntungan sedikit dari hasil penjualannya. Mengakibatkan development teknologi CBR600RR berujung stagnan sejak 2009.

    Honda CBR600RR Repsol Edition
    Honda CBR600RR Repsol Edition

    “Usaha yang diperlukan agar membuat motor ini lolos Euro4 adalah mahal dan ada banyak upaya mendetail yang harus dilakukan agar menjadikannya motor jalanan yang legal”, lanjut sang sumber internal.

    “Dalam rangka untuk mempertahankan karakter CBR600RR secara utuh dan tetap legal di jalan itu membutuhkan usaha yang jauh lebih banyak ketimbang model yang pertama kali muncul. Ini tentunya akan menambah bobot, kompleksitas dan biaya. Kemudian bobot perlu dikurangi dan motor itu masih akan tetap kemahalan.”

    Honda CBR600RR & CBR1000RR 2006
    Honda CBR600RR & CBR1000RR 2006

    GALERI FOTO:

    Sumber: Motorcyclenews

    KOMENTAR