KPPU Bongkar Persekongkolan Bos Honda dan Yamaha Terjadi di Lapangan Golf

    KPPU Bongkar Persekongkolan Bos Honda dan Yamaha Terjadi di Lapangan Golf

    SHARE

    KPPU Bongkar Persekongkolan Bos Honda dan Yamaha Terjadi di Lapangan Golf

    MESINBALAP.comDugaan kartel yang melibatkan dua pabrikan motor Jepang Honda dan Yamaha kini memasuki babak baru. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menegaskan telah memiliki bukti yang cukup kuat.

    Menurut investigator KPPU, Honda dan Yamaha terlibat perjanjian harga jual motor di sebuah lapangan golf. Tak tanggung-tanggung, petinggi kedua pabrikan itu pun dicatut namanya, termasuk Toshiyuki Inuma yang kini menjabat sebagai Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) dan mantan Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Yoichiro Kojima.

    “Kami mendapatkan bukti bahwa surat elektronik (email) internal Yamaha yang dikirimkan oleh Mr Terada (Direktur Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing), dengan subyek email ‘Retail Pricing Issue”, ujar Frans Adiatma selaku investigator KPPU kepada DetikOTO.

    Disamping Presdir AHM dan mantan Presdir YIMM, KPPU juga mencatut nama-nama besar lainnya seperti Dyonisius Beti (Vice President YIMM), Yutaka Terada (Direktur Marketing YIMM), dan Sutarya (Direktur Sales YIMM).

    Email yang dikirim oleh Yutaka Terada tersebut berisi perintah dari sang Presdir Yamaha Indonesia kala itu. Kojima meminta agar YIMM menaikkan harga jual motor setiap kali harga motor Honda naik. Sebab Kojima disebut-sebut telah terikat perjanjian dengan Inuma di sebuah lapangan golf. Email ini juga dikirim ke jajaran direksi YIMM lainnya.

    “Email ini dikatakan dikirim kepada Dyonisius Beti (Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing), Sutarya (Direktur Sales PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, dan di-cc ke Mr Iidashi. Dengan mengatakan ‘President Kojima san has requested us to follow Honda price Increase many times since Januari 2014 because of his promise with Mr Inuma President of AHM at Golf Course’,” beber Frans.

    Yang artinya: “Bapak Presiden Kojima telah meminta kita untuk mengikuti kenaikan harga (motor) Honda berkali-kali sejak Januari 2014 karena perjanjiannya dengan Bapak Inuma Presiden AHM di lapangan golf.”

    Menurut Bloomberg, Yoichiro Kojima mulai menjabat sebagai Presiden Direktur YIMM sejak Januari 2013 silam. Namun, posisinya secara resmi digantikan oleh Minoru Morimoto pada Januari 2016 lalu. Sebelumyanya Kojima telah menjadi Senior Executive Officer di Yamaha Motor Co. Ltd. sejak Maret 2012.

    Sedangkan Toshiyuki Inuma mulai diangkat sebagai Presiden Direktur AHM pada April 2013 silam atau tiga bulan setelah Kojima diangkat sebagai Presdir YIMM. Inuma sebelumnya menjabat sebagai GM Honda Motorcycle Operations di Jepang.

    Sumber: DetikOTO

    KOMENTAR